Menarik Lainnya


Mekah dan Kabah merupakan tempat suci bagi seluruh umat muslim di seluruh dunia, dan memiliki beberapa keutamaan sebagaimana dijelaskan keutamaannya di dalam Al Quran maupun di dalam Al hadist.

Berikut di bawah ini adalah keutamaan kota Mekah dan Kabah dilihat dari ayat-ayat suci Quran

Ayat 1
Quran Surat Ali - Imran: 96

إِنَّ أَوَّلَ بَيْتٍ وُضِعَ لِلنَّاسِ لَلَّذِي بِبَكَّةَ مُبَارَكًا وَهُدًى لِّلْعَالَمِينَ

"Sesungguhnya rumah yang mula-mula dibangun untuk (tempat beribadat) manusia ialah baitullah di Bakkah (Mekkah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi semua manusia"

Keterangan Ayat:
Ali r.a meriwayatkan bahwa tempat yang pertama kali diciptakan untuk ibadah adalah Kabah. Dan para sahabat meriwayatkan bahwa sebelum diciptakan semua bagian bumi - tempat ini bagaikan buih di atas air- kemudian disebarkan ke seluruh bagian bumi, dan darinyalah bumi diciptakan. (Kitab Durrul-Mantsur)

Ayat 2
Quran Surat Ali - Imran: 97

فِيهِ آيَاتٌ بَيِّـنَاتٌ مَّقَامُ إِبْرَاهِيمَ

"Padanya terdapat tanda-tanda yang nyata, diantaranya Maqam Ibrahim"

Keterangan Ayat:
Maqam Ibrahim adalah merupakan batu pijakan yang digunakan nabi Ibrahim a.s ketika beliau sedang membangun Kabah - dan sampai sekarang bekas telapak kaki beliau masih terlihat jelas.

Ayat 3
Quran Surat Ali - Imran: 97

وَمَن دَخَلَهُ كَانَ آمِنًا

"Barang siapa memasukinya (Baitullah) maka amanlah dia"

Keterangan Ayat:
  1. Kota Mekah dan Baitullah adalah merupakan tanah haram dimana di dalamnya dilarang seseorang untuk saling membunuh dan menumpahkan darah, sehingga jika seseorang yang akan dihukum qishos masuk ke tanah haram maka hukuman qishos tidak akan dilaksanakan kecuali si terhukum sudah keluar dan dibawa keluar dari tanah haram.
  2. Selain itu tempat ini merupakan tempat aman dari sisi akhirat jika seseorang melakukan amalan sholat, puasa, zakat, dan amalan baik lainnya.
  3. Kota ini juga merupakan tempat aman dari fitnah Dajjal - karena fitnah dajjal tidak akan pernah masuk ke kota ini
  4. Baitullah adalah tempat terakhir yang akan hancur pada hari kiamat nanti
Ayat 4
Quran Surat Al Baqoroh: 125

وَإِذْ جَعَلْنَا الْبَيْتَ مَثَابَةً لِّلنَّاسِ وَأَمْناً وَاتَّخِذُواْ مِن مَّقَامِ إِبْرَاهِيمَ مُصَلًّى وَعَهِدْنَا إِلَى إِبْرَاهِيمَ وَإِسْمَاعِيلَ أَن طَهِّرَا بَيْتِيَ لِلطَّائِفِينَ وَالْعَاكِفِينَ وَالرُّكَّعِ السُّجُودِ

"Dan (ingatlah), ketika Kami menjadikan rumah itu (Baitullah) tempat berkumpul bagi manusia dan tempat yang aman"

Keterangan Ayat:
Dimana jika seseorang telah melakukan haji dan umrah maka niscaya dia akan sangat ingin kembali ke Baitullah dan selalu merindukan Kabah dalam hatinya. Dimana di tempat ini pahala satu diganti menjadi pahala 100.000 kali atau artinya pahala satu kebaikan sama artinya dengan 100.000 pahala kebaikan.

Ayat 5
Quran Surat Al Baqoroh: 127

وَإِذْ يَرْفَعُ إِبْرَاهِيمُ الْقَوَاعِدَ مِنَ الْبَيْتِ وَإِسْمَاعِيلُ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

"Dan (ingatlah), ketika Ibrahim meninggikan (membina) dasar-dasar Baitullah bersama Ismail (seraya berdoa):` Ya Tuhan kami terimalah daripada kami (amalan kami), sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui"

Keterangan Ayat:
Tiada tempat yang lebih baik daripada Kabah dimana yang menyuruhnya adalah allah SWT dan kemudian dirancang oleh malaikat Jibril a.s. Pembangunannya ditukangi nabi Ibrahim a.s dan pembantunya adalah nabi Ismail.a.s


Ayat 6
Quran Surat Al Baqoroh: 127

جَعَلَ اللَّهُ الْكَعْبَةَ الْبَيْتَ الْحَرَامَ قِيَامًا لِلنَّاسِ

"Allah telah menjadikan Ka’bah, rumah suci itu sebagai pusat (peribadatan dan urusan dunia) bagi manusia"

Keterangan Ayat:
Kiamat tidak akan pernah terjadi sebelum Hajar aswad dan maqam Ibrahim diangkat. Rasullullah saw bersabda:"Perbanyaklah thawaf di Baitullah karena ia telah roboh 2x, nanti disaat roboh yang ke 3x-nya maka ia akan diangkat ke langit

Semoga keutamaan-keutamaan Baitullah diatas bisa anda pahami dengan seksama dan menjadikannya satu tempat dambaan hati. Semoga anda bisa segera datang ke Baitullah dan beribadah dengan khusyuk disana.