Mekah Zaman Dinasti Hasyimi

Keinginan menjadi raja arab seperti yang dielukan dan diimpikan Syarif Husain rupanya harus dibayar mahal dengan sakit hati, karena kekuasaan Inggris hanya memberikan beliau kekuasaan dan pemerintahan kota Mekah dan kota Hijaz - dia hanya menjadi gubernur untuk kedua kota tersebut. Impian Hasyimi sebelumnya bisa anda ketahuo dalam postingan Mekah Zaman Dinasti Ottoman Kedua

Malang nasib Husain, karena pada tahun 1343 H tentara Saudiyin melakukan penyerangan terhadap dinasti Hasyimi. Peperangan berkobar semakin besar, kekuatan kedua pasukan bertemu di medan perang untuk memperubutkan kota Mekah dan Madinah.

Kekuatan Hasyimi pada saat itu sudah tidak dianggap kuat lagi, karena pasukan Saudiyin menggempur dan mengepung seluruh peta kekuatan dari dinasti Hasyimi. Akhirnya kekuatan hasyimi pun kalah dan Mekah jatuh kembali ke tangan pasukan Saudiyin.

Ketidak menentuan kekuatan pasukan dan pemerintahan akhirnya Syarif Husain mengundurkan diri dari pemerintahan dan dia melarikan diri meninggalkan Mekah menuju Aqobah.

kekuatan Saudiyin akhirnya menguasai segala penjuru kota Mekah dan dibangunlah dinasti kerajaan Arab Saudi yang kedua
Powered by Blogger.