Sabar Dalam Haji dan Umrah

Kesabaran dalam berhaji dan umrah mutlak diperlukan oleh setiap orang yang melaksanakannya. Banyak sekali yang akan terjadi kepada anda dan pasangan muhrim anda disana, maka dalam menghadapi semua cobaan apapun yang akan terjadi disana hendaklah selalu bersabar dan hadapi dengan hati yang riang.
Sabar dalam Haji dan Umrah
Haji Memerlukan Gudang Kesabaran
Picture by: RumahAllah.com

Ibadah haji merupakan ibadah puncak dari rukun islam yang kelima, dimana hanya sebagian orang yang dipanggil oleh Allah saja yang bisa datang ke baitullah. Disaat anda datang kesana persiapkanlah semuanya dengan gudang kesabaran - dengan kata lain jikalau anda mendapatkan cacian, perkataan kasar, atau bahkan ada yang menarik dan memukul anda maka tetaplah bersabar dan beristigfar - janganlah berbuat mudharat dan dholim terhadap hal yang anda hadapi.

Disana akan banyak sekali hal-hal yang tidak pernah anda bayangkan sebelumnya terjadi kepada anda - segala amalan anda sekarang menentukan apa yang akan anda terjadi disana.

Banyak sekali ujian kesabaran yang akan menimpa anda disaat berhaji, adakalanya kata-kata kasar antar suami istri terjadi disana dan bahkan adakalanya sampai bercerai disana - janganlah seperti itu. Bersabarlah dan pahala kesabaran adalah Surga Allah SWT.

Musibah dalam ibadah haji ketika disikapi dengan sabar adalah sama derajatnya dengan membelanjakan harta di jalan Allah SWT. Kerugian apa saja yang menimpa anda disana hendaklah disikapi dengan hati yang senang dan ikhlas, penderitaan yang anda hadapi disana hendaklah selalu disikapi dengan rasa sabar yang tinggi - karena anda sedang melakukan jihad fi sabilillah.
Powered by Blogger.