Menarik Lainnya


Makkah Almukarramah, siapa yang tidak mengenal sebutan itu. Suatu tempat yang menjadi tujuan ummat Islam sedunia, baik untuk melaksanakan rukun Islam yang ke lima yaitu ibadah haji, ataupun untuk ibadah umrah, juga untuk tujuan-tujuan lain seperti mencari penghidupan yang layak di tanah yang penuh barokah itu.

Tiap tahun jumlah jamaah haji Indonesia terus meningkat, ini terbukti dengan adanya calon jamaah yang tidak bisa berangkat tahun ini (waiting list) karena kurangnya kuota, walaupun sebenarnya pemerintah Arab Saudi terus memberikan tambahan kuota ke Indonesia. Mudah-mudahan menjadi gambaran meningkatnya tingkat kesejahteraan masyarakat, juga pemahaman masyarakat terhadap kewajiban ibadah haji ini.

Petugas PPIH Haji Indonesia 2011

Kalau dibandingkan dengan ibadah-ibadah lain, ibadah haji merupakan ibadah yang dalam penanganannya memerlukan partisifasi dari berbagai fihak. Coba saja kita perhatikan bagaimana sibuknya para pegawai bank, menjelang pelaksanaah haji ini, belum fihak imigrasi, bendara, penerbangan, keamanan, kesehatan, catering, juga fihak-fihak terkait baik yang berhubungan langsung ataupun yang tidak langsung. Semuanya akan bekerja secara provessional demi suksesnya pelaksanaan ibadah haji.

Tahun 1994 saya berangkat ke Saudi Arabia, tepatnya ke daerah thaif (sekitar 80 km sebelah Selatan Makkah). Selama dua tahun saya berada disana sehingga bisa menimba berbagai pengalaman yang tidak pernah dilupakan, diantaranya ialah pada tahun 1996 saya bisa melaksanakan ibadah haji bersama para mukimin lainnya pada saat itu. Bulan November tahun 1996 saya pulang ke tanah air. Selama sekitar lima belas tahun saya menunggu kesempatan untuk bisa ke tanah suci lagi, mengabdikan diri saya untuk ikut membantu mensukseskan palaksanaan ibadah haji. Alhamdulillah, akhirnya kesempatan itu datang juga. Pada tahun 2011 saya lulus sebagai petugas PPIH Arab Saudi, sector I Makkah bidang pelayanan Umum, Perumahan, Penempatan dan Pemulangan.

Berbagai pengalaman selama 66 hari berada di tanah Suci Makkah Almukarramah, saya coba tuangkan dalam catatan yang sangat sederhana ini. Dengan harapan ada manfaatnya khususnya bagi calon petugas haji, supaya mendapatkan gambaran tentang job kerja di tanah Suci. Demi Suksesnya perjalanan ibadah para Dluyufurrahman, nyaman dalam ibadah di Tanah Suci, kemudian pulang ke tanah air dengan selamat dan menyandang gelar haji Mabrur.