Menarik Lainnya


Barang siapa bermunajad, berdzikir dan berdoa, berdzikir dan bersholawat di "Raudhah" maka Surga adalah balasannya. Raudhah adalah merupakan "Taman Surga" sebagaimana diungkapkan Rasulullah saw: ”Di antara rumahku dan mimbarku adalah taman (Raudhah) dari taman-taman surga. Dan mimbarku di atas kolam.” (Shahih Bukhari)

Tiang Raudhah
Bagian Raudhah ditandai dengan karpet berwarna hijau dan letaknya pas di bawah kubah hijau mesjid Nabawi. Barang siapa yang akan memasukinya maka bermunajadlah kepada Allah SWT agar dimudahkan jalannya dan memasukinya - karena disaat anda akan masuk ke dalam Raudhah maka anda harus berebutan dengan jamaah lain yang jumlahnya ribuan orang.


Di dalam raudhah terdapat tiang-tiang khusus yang memiliki nama-nama tersendiri dan memiliki makna khusus dari tiang masing-masing. Luas Raudhah adalah sekitar 144 m2. Nama lengkap dari Raudhah itu sendiri adalah "AL-Rhaudlah Assyarifah"

Nama-Nama Tiang Raudhah Mesjid Nabawi

Berikut di bawah ini adalah nama-nama tiang yang berada di dalam Raudhah Mesjid Nabawi 
  • Usthuwaanah Aisyah
  • Usthuwaanah Muhajirin
  • Usthuwaanah At-Taubah
  • Usthuwaanah Abu Lubabah
  • Usthuwaanah Quran
  • Usthuwaanah As-Sarir
  • Usthuwaanah Al-Haras
  • Usthuwaanah Ali
  • Usthuwaanah Al-Wufud
  • Usthuwaanah Mukhallaqah Jabir
  • Usthuwaanah Hannanah
* ket: Usthuwaanah = Tiang

Agar lebih memahami nama-nama tiang raudhah diatas, kami juga akan jelaskan letak dan posisi dari masing-masing tiang raudhah tersebut.

Letak Posisi Tiang Raudhah Mesjid Nabawi

Usthuwaanah Aisyah

Usthuwaanah Aisyah disebut juga sebagai "Utswaanah Qur-ah" atau tiang undian adalah tiang yang posisinya berada ditengah Al-Rhaudlah Assyarifah, posisi tiang ini adalah tiang ketiga jika dihitung jaraknya dari dinding makam Rasulullah dan mimbar nabi. Pada zaman Rasulullah saw disini adalah tempat berkumpulnya para sahabat sholat dan muzakarrah. Disini adalah merupakan salah satu tempat istimewa karena disaat anda berdoa, maka akan terkabullah doa yang diminta.  Di dalam tiang ini juga tertulis "Usthuwaanah Aisyah" sebagai pengingat dan penghormatan kepada perjuangan "Ummul Mukminin" dalam penyebaran islam.

Usthuwaanah At-Taubah

Usthuwaanah At-Taubah adalah tiang yang posisinya terletak diantara Usthuwaanah Aisyah dan Usthuwaanah As-sarir

Usthuwaanah As-Sarir

Usthuwaanah As-Sarir adalah tianmg yang menempel langsung dengan dinding makam nabi Muhammad saw.

Usthuwaanah Al-Haras

Usthuwaanah As-Haras adalah tiang yang berada pada bagian sebelah utara
Usthuwaanah As-Sarir dan posisinya menempel dengan dinding makam nabi Muhammad saw. Di tempat ini dulu para sahabat menjaga dan mengawal nabi demi keselamatan beliau. Tiang ini bisa juga disebut pos pengamanan Rasulullah SAW

Usthuwaanah Al-Wufud

Usthuwaanah Al-Wufud adalah merupakan tiang yang dibangun untuk mengingatkan kita kepada Rasulullah saw dimana saat-sat beliau menerima tamu istimewa, baik itu dari pemuka-pemuka kaum pada masa itu ataupun para bangsawan. Tiang itu terletak paling utara Usthuwaanah Al-Haras dan Usthuwaanah As-Sarir dan posisinya juga menempel pada makam Rasulullah SAW

Usthuwaanah Muhajirin

Usthuwaanah Muhajirin adalah merupakan tiang yang mengingatkan akan kaum Muhajirin.