Pengecekan Hotel Jemaah Haji Berkali Kali

Tanggal 08 Oktober 2011, sesuai yang dijanjikan kepada penjaga (harits), saya beserta team mengecek lagi kamar-kamar yang sudah diadakan perbaikan seperlunya sesuai yang disarankan pada dua hari sebelumnya, saya-pun menugaskan teman-teman untuk meninjau kamar-kamar di lantai 1 sampai 3. Alhamdulillah, ternyata hasilnya memuaskan. Semua konfigurasi kamar sudah sesuai dengan catatan yang tertera pada stiker. Begitu pula dengan fasilitas kamar, semua sudah bagus dan siap pakai (jahiz). Kami mengucapkan terima kasih kepada penjaga (harits) atas kerjasamanya, dan dipesankan untuk dibersihkan sebersih mungkin, karena 2 hari lagi kunci akan kami bawa. Penjagapun sangat senang dengan pujian kami, dia berjanji bahwa 2 hari lagi kamar sudah bersih (nadzif) semua.

Pengecekan Hotel Jamaah Haji

Tanggal 10 Oktober 2011, kami mengembil anak kunci kamar-kamar sesuai yang sudah dijanjikan sebelumnya. Anak kunci-anak kunci itu kami kumpulkan dan dihitung sesuai konfigurasi kamar yang akan dipakai jamaah pada saatnya nanti. Jumlah ranjang (sarir) yang tersedia disesuaikan dengan jumlah jamaah haji yang akan menempatinya, sehingga dipastikan tidak ada jamaah yang tidak kebagian ranjang. Kamipun segera menulisi tiap anak kunci dengan nomor kamar dan kapasitas yang tersedia, untuk memudahkan ketua rombongan, dalam pembagian anak kunci nanti.

Tanggal 12 Oktober 2011, adalah jadwal kedatangan kloter pertama di sector I yang akan menempati hotel 101 A. semua persiapan sudah beres, sesuai SOP bahwa 6 jam menjelang kedatangan jamaah, kami sudah menyelakan lampu-lampu kamar dan AC. Serempak saya menugaskan teman-teman team untuk melaksanakannya. Setelah itu kami mengumpulkan anak kunci untuk dibagi sesuai jumlah rombongan yang akan datang. Inilah pekerjaan yang sangat berat dan memerlukan ketelitian, membagi anak-anak kunci dan di masukkan ke kantong plastic untuk satu rombongan satu plastik. Jadi semuanya 10 plastik untuk 10 rombongan. Setelah itu saya menugaskan pak Muh. Umar dan pak Slamet Hariadi, sebagai penjaga loby (istiqbal) yang akan menyerahkan kunci-kunci kepada ketua rombongan, sekaligus membuat berita acara penerimaan kunci kamar.

Perkiraan kedatangan jamaah adalah jam 16.00 waktu Makkah, sesuai berita yang diterima Bravo (alat komunikasi) melalui petugas PAM sector I, bahwa pemberangkatan dari Madinah pukul 10.00 pagi waktu setempat. Perkiraan perjalanan adalah 6 jam. Jadi kemungkinan sampai ke kota Makkah pukul 16.00. saya dan team sangat cemas, menunggu kedatangan jamaah. Takut ada kesalahan atau ada permasalahan yang tidak diinginkan. Sebab team A adalah kelompok pertama yang menerima kedatangan jamaah, sehingga seluruh petugas dari team lain diwajibkan untuk membantu kami, sekaligus sebagai pembelajaran yang bisa dipraktekkan ketika menerima dan menempatkan jamaah di kelompoknya masing-masing.
Powered by Blogger.