Selamat Datang Jamaah Haji di Kota Mekkah

“Ahlan wa sahlan wa Marhaban. Selamat datang di kota Makkah Al-Mukarramah. Para Duyufurrahman, tempat ini namanya Mahbas Jin. Jarak dari sini ke Al-Masjidil-Haram sekitar 2 Km….!” itulah kalimat yang selalu saya sampaikan, sebagai pembukaan dalam menerima jamaah haji. Karena di tanah air sudah biasa menghadapi jamaah pengajian, jadi tidak terlalu grogi ketika menghadapi jamaah haji di tanah suci. Kalau kebetulan jamaahnya dari Jawa Barat, maka saya mempergunakan bahasa Sunda, ternyata lebih menyentuh dan membuat fokus perhatian jamaah.

Penyambutan Jamaah Haji di Mekkah

Pukul 18 jamaah baru tiba ke sector I, ternyata telat 2 jam dari perkiraan sebelumnya. Kedatangannya juga tidak berurutan, rombongan yang pertama datang adalah no 04, berarti kami harus memberikan kantong kunci no 4, sesuai nomor rombongan. Begitulah dan seterusnya, sampai pukul 21 baru selesai memasukkan jamaah satu kloter (10 rombongan). Lega rasanya hati kami, bisa istirahat sambil menceritakan kejadian-kejadian lucu yang terjadi ketika menurunkan jamaah. Yang paling membahagiakan adalah kerena tidak ada kendala atau permasalahan yang tidak diinginkan. Alhamdulillah, semuanya berjalan lancar sesuai prosedur.

Kenangan tersebut selalu membekas sampai saat ini, indahnya menyambut tamu allah....Ya Allah izinkanlah kami kembali ke rumahmu...
Powered by Blogger.