آخر الأخبار

Wednesday, September 26, 2012

Terbang Jakarta Jeddah

Sekitar dua bulan saya menunggu SPMA (Surat Panggilan Masuk Asrama), dimanfaatkan untuk mempersiapkan diri, baik secara fisik atau menambah wawasan tentang manasik haji. Akhirnya SPMA pun diterima. Saya dan seluruh petugas Makkah harus sudah hadir di Pondok Gede pada tanggal 31 September 2011, karena besoknya tanggal 1 Oktober adalah penerbangan petugas Makkah ke Jeddah Saudi Arabia dengan memakai pesawat Garuda. Adapun petugas Jeddah dan Madinah sudah diberangkatkan lebih awal, yakni pada tanggal 27 September 2011. Kebahagiaan yang tiada terhingga, tahadduts binni’mah dengan syukuran mengundang handai tolan dan keluarga dekat, sekaligus meminta dorong du’a bagi saya dan seluruh jamaah haji Indonesia.

Penerbangan Haji

Tahun 2011 patugas haji di Arab Saudi dibagi tiga Daker (Daerah Kerja), Daker Makkah terdiri dari 11 sektor, Daker Madinah 8 Sektor dan Daker Jeddah 4 Sektor. Alhamdulillah saya ditugaskan di Makkah Al-Mukarromah, yakni di Sektor I yang berlokasi di daerah Mahbas Jin, sekitar 2 Km sebelah Selatan Al-Masjidil-Haram.

Tanggal 1 Oktober 2011 saya beserta rombongan berangkat dari Pondok Gede Bekasi. Persiapan dari jam 06 pagi, setelah Shalat Shubuh, mandi dan sarapan pagi secara berjamaah. Pemberangkatan sekitar jam 07.30 menuju ke bendara Soekarna Hatta, dengan bis jemputan 10 armada. Diiringi dengan talbiah kami melewati kepadatan jalan di kota Jakarta, Alhamdulillah jam 09 rombongan sudah tiba di bendara Soekarno Hatta, menunggu segala persiapan administrative untuk penerbangan dengan jadwal pukul 11.30 WIB.

Berbagai perasaan berkecambuk dalam hati saya, ada perasaan bahagia, sedih, bahkan haru. Ketika memasuki pesawat Garuda yang segera akan menghantarkan kami ke kota Suci Makkah Al-Mukkarromah. Kami berkemas mencari nomor kursi sebagaimana yang sudah tertera dalam tiket pesawat. Setelah ketemu, semuanya mulai berbenah diri untuk persiapan 10 jam perjalanan menuju kota Jeddah Saudi Arabia.

Pukul 17.30 waktu Jeddah, pesawat pun lending. Kami semua turun dari pesawat langsung menuju mobil bendara untuk persiapan keluar. Sampai tiba waktu Magrib, pertama kali kami mendengar alunan Adzan Magrib dari Masjid terdekat yang berada di kota Jeddah. Alangkah harunya hati kami, sementara bergegas wudlu dan shalat berjamaah di lingkungan bendara.

Terbang Jakarta Jeddah
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Top