Tips Kesehatan Ibadah Haji dan Umrah

Sabar dalam Haji dan Umrah
Situasi Kabah pada saat umrah bulan July 2012
Picture by: RumahAllah.com

Foto diatas diambil ketika kami melakukan ibadah umrah pada bulan Juli 2012, situasi pemandangannya akan jauh lebih padat ketika pada saat musim haji. Pantauan langsung keadaan Mekah dan Medinah bisa anda lihat di TV Streaming live yang telah kami sediakan.

Ibadah Haji dan Umrah tahun 2012 dipandang sebagai musim haji dan umrah paling baik oleh pemerintah Arab Saudi, karena pada tahun 2012 ini pencapaian jamaah umrah yang datang ke kota suci mencapai 5,5 juta orang dan khusus untuk ibadah haji tahun ini Baitullah diperkirakan akan dipadati sekitar oleh 1, 8 juta jamaah haji dari seluruh dunia.

Bagi Jamaah haji khususnya yang berasal dari Indonesia harap diperhatikan tips ibadah haji dan Umrah yang akan kami sebutkan, karena sampai dengan artikel ini kami turunkan dan bahkan diperkirakan sampai dengan tahun 2013, Baitullah dan sekitarnya akan dipenuhi dengan debu-debu dari reruntuhan gedung yang dirobohkan untuk perluasan area Masjidil Haram.

Keadaan tersebut tentunya akan sangat mengganggu kenyamanan ibadah haji anda tahun ini, selain kenyamanan lingkungan tempat area ibadah yang memang situasinya seperti itu, kenyamanan pemandangan mekkah dan sekitarnyapun akan terasa kurang sedap dipandang - proyek yang menelan dana milyaran real ini adalah merupakan program pemerintah Kerajaan Arab Saudi demi kenyamanan jamaah haji di tahun-tahun berikutnya.

Kesehatan badan harus tetap diperhatikan, karena selain situasi kondisi cuaca yang berbeda di Indonesia, situasi kepadatan baitullah juga akan sangat mempengaruhi kualitas kesehatan anda - selain memang faktor pertama yang telah kami sebutkan diatas.

Berikut adalah Tips Sehat Jamaah Haji yang akan melakukan ibadah haji dan Umrah pada tahun 2012 sampai dengan 2013 mendatang

Masker Penutup

Bawalah Masker penutup untuk menyaring debu kotor yang mungkin terhirup ketika anda bernafas. Bawalah 2-3 masker untuk masing-masing jamaah sebagai antisipasi masker cadangan anda disana. Belilah masker penutup dari Indonesia, karena disana haraganya akan relatif lebih mahal. Bawalah dan selalu pergunakan Masker ketika anda akan keluar maktab atau hotel tempat anda menginap disana.

Baju Hangat

Musim haji tahun 2012 ini akan bertepatan dengan musim dingin, jadi sebaiknya persiapkan baju hangat dan jaket untuk keperluan anda disana. Dinginnya udara mekah yang kering akan sangat berpengaruh untuk kebugaran tubuh anda.

Cream Pelindung

Cream pelindung akan sangat berfungsi ketika anda disana. Selalu gunakan cream pelindung yang telah anda siapkan darisini, dan selalu guinakan cream untuk melindungi kulit anda dari sengatan sinar matahari, cuaca panas dan cuaca dingin ketika anda berhaji ataupun berumrah.

Lipgloss

Bawalah lip gloss yang akan memberikan kelembaban terhadap bibir anda. Selalu gunakan ketika anda disana, hal ini adalah dimaksudkan untuk menghindari pecahnya bibir ketika anda berada disana.

Perbanyak Minum Air Zam-zam

Minumlah sebanyak-banyaknya air zam-zam ketika anda disana. Selain air zam-zam ini adalah merupakan air terbaik yang ada di muka bumi, air zam-zam ini juga mampu menetralisir semua racun dan partikel bebas yang terkandung dalam tubuh seseorang.

Buah-Buahan

Perbanyak makan buah ketika anda disana. Beraneka ragam buah-buahan segar akan selalu tersedia bagi anda yang mengikuti program haji plus ataupun umrah setiap waktu makan tiba, akan tetapi bagi haji reguler, anda bisa membelinya di toko-toko buah yang ada di sekitar lingkungan atau maktab anda.
Powered by Blogger.