آخر الأخبار

Thursday, October 18, 2012

Cara Menggapai Umrah Makbul dan Haji Mabrur

Subhanallah....masih terbayang di pelupuk mata ini bagaimana rasanya pertama kali melihat kabah yang setiap hari ketika berniat sholat selalu mengucap..."mustakbillal kiblati"...saat itu rasanya terasa indah, terasa tenang dan terharu air mata jatuh tidak tertahankan. Ingatan ini selalu terbayang ke rumahmu Ya Allah...panggilah kami semua kembali ke rumahmu ya allah.

Wajibnya Umrah dan Haji


Tidak ada balasan umrah makbul dan haji mabrur melainkan Surganya Allah swt, sesuai hadis di bawah ini
Dari Abu Hurairah r.a, ia berkata bahwa rasulullah saw bersabda, "tidak ada pahala bagi haji yang mabrur kecuali surga" (Muttafaq Alaih; Misykat)

Haji mabrur dan Umrah Maqbul adalah haji dan umrah yang didalamnya tidak terdapat perbuatan maksiat, ibadah haji dan umrah dilaksanakan dengan menjaga adab-adab dan syarat-syaratnya, tidak ada kesalahan yang dilakukan dan tidak ada perkataan dan perbuatan sia-sia.

Dalam salah satu keterangan disebutkan bahwa ketika rasulullah saw memberitahukan tidak ada pahala bagi haji mabrur kecuali surga, para sahabat bertanya, "Ya Rasulullah, apakah yang dimaksud haji mabrur itu? beliau menjawab, memberi makan dan menyebarkan salam". keternagan ini berdasarkan kitab Kanzul Ummal.

Pada zaman sekarang ini banyak kita dapati bahwa ibadah haji dan umrah adalah bertujuan untuk wisata, sebenarnya niat ini haruslah diluruskan terlebih dahulu. berniatlah haji dan umrah karena untuk mengharap ridha allah swt, dan bukan untuk berwisata. Ingatlah ibadah haji adalah termasuk rukun islam yang kelima dan jangan pernah dicampur adukan dengan kepentingan dunia. berhajilah, dan berumrahlah hanya karena Allah SWT dan insya allah lurusnya niat akan membuka pintu keridhaan Allah SWT menuju haji dan umrah yang mabrur dan makbullah

Cara Menggapai Umrah Makbul dan Haji Mabrur
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Top