Menunggu 45 Kloter Haji

Baru satu kloter yang tiba di sector I Makkah, artinya tinggal 45 kloter lagi yang kami tunggu kedatangannya. Seluruh prosedur kami tempuh, diharapkan tidak ada kekecewaan yang dialami para Jamaah haji nanti. Tentu bukan hal yang mudah, tapi memerlukan kerja keras dan tanggung jawab individu serta kekompakan kelompok. Inilah yang selalu saya tanamkan kepada rekan-rekan satu team, sehingga mereka mempunyai tanggung jawab terhadap pekerjaannya.

Kelompok Terbang Haji

Jadwal kedatangan kloter terpampang di dinding kantor sector, dari Embarkasi mana, kloter berapa, kedatangan dari Madinah atau dari Jeddah, datangannya tanggal berapa. Dan kemungkinannya jam berapa, semua tertera dan bisa dibaca oleh semua orang. Inilah yang menjadi pedoman kami, sehingga tiap hari mempersiapkan hotel untuk kloter yang akan tiba berikutnya. Adakalanya antara satu kloter dan yang lainnya bersamaan datangnya, ini yang sangat merepotkan kami, sehingga pembagian tugas kelompok menjadi hal yang sangat penting.

Tidak terasa, hari-demi hari sudah kami lalui. Kloter demi kloter sudah kami terima. Para jamaah haji ditempatkan di hotel-hotel yang sudah ditentukan. Akhirnya sampailah kepada kloter terakhir yang akan tiba ke sector I Makkah. Kami sambut dengan ucapan selamat datang, pembagian kunci kamar dan mengantarkan ke kamar masing-masing. Itu dilaksanakan sebagaimana rutinitas kami ketika menerima para Jamaah Haji. Kloter ke 46 (dari Karawang Jawa Barat) merupakan jamaah terakhir yang datang ke sector I menyelesaikan penerimaan kami terhadap para Jamaah Haji. Lega rasanya hati saya, bisa menyelesaikan tugas-tugas dengan se-maksimal mungkin. Bukan tanpa kendala, tetapi hanya permasalahan kecil yang kami temui, seperti ada yang hilang kunci, atau lampu yang mati. Alhamdulillah semuanya bisa diselesaikan dengan baik.
Powered by Blogger.