Mimbar Masjid Nabawi

Mimbar yang ada di dalam mesjid nabawi zaman sekarang adalah merupakan mimbar yang dibangun pada tahun 998 H pada zaman pemerintahan Sultan Utsmani Murod.

Mimbar tersebut menggantikan mimbar yang di bangun oleh rasulullah saw sendiri, yang terbakar pada saat Madinah zaman dinasti Mamluki. Nabi Muhammad saw membuat mimbar pada tahun 7 H atau 628 M. Mimbar tersebut terletak di tepi barat tempat sholat beliau. Asal mulanya mimbar yang dibangun oleh rasulullah memiliki tiga anak tangga.

Mimbar Mesjid Nabawi

Mimbar mesjid nabawi terletak di dalam raudah yang merupakan taman-taman surga, dan terletak diantara tiang-tiang raudhah yang dimana setiap tiang memiliki nama dan keutamaan masing-masing.

Dari Abu Hurairah, bahwasanya rasulullah saw bersabda, Apa yang berada antara rumahku dan mimbarku adalah Raudhah "sebuah taman dari taman-taman surga, dan mimbarku berada di atas telagaku. (HR Bukhari dan Muslim)

Imam ahmad dan yang lainnya meriwayatkan dari Suhail bin Sad' ia berkata, Rasulullah saw bersabda: Sesungguhnya mimbarku di atas taman dari taman-taman surga. (HR Ahmad (V/339))
Powered by Blogger.