Perbedaan Ibadah Haji dan Umrah

Perbedaan ibadah haji dan umrah adalah merupakan pertanyaan yang sering di tanyakan oleh calon jamaah haji ataupun calon jamaah umrah yang akan pergi ke baitulllah. Setelah mengetahui hukum ibadah umrah yang telah dituliskan dalam postingan sebelumnya, setidaknya bisa mengetahui hukum dari umrah itu sendiri, dan hukum dari ibadah haji adalah wajib bagi yang mampu.

Selain itu perbedaan ibadah haji dan Umrah bisa dilihat dari segi waktunya. Dimana pelaksanaan ibadah haji adalah pada tanggal 8 sampai dengan 13 Zulhijah setiap tahunnya, sedangkan ibadah umrah waktunya adalah dapat dilakukan sewaktu-waktu atau dengan kata lain bisa dilakukan kapan saja terkecuali pada waktu pelaksanaan haji

Perbedaan lainnya yaitu terletak pada amalan ibadah, dimana pada ibadah haji terdapat amalan wukuf di arafah, Mabith di Muzdalifah, Melempar Jumrah dan Tahallul di Mina - sedangkan dalam ibadah umrah hal tersebut tidak ada, karena ibadah umrah hanya mencakup ihram, tawah, sai dan tahalul di bukit marwah

Perbedaan-perbedaan tersebut adalah merupakan perbedaan mendasar, sehingga bisa disebut bahwa ibadah umrah waktunya lebih sebentar daripada ibadah haji, dan apabila mampu ibadah umrah bisa dilakukan lebih dari satu kali dalam satu hari.

Jika anda pergi ke baitullah untuk berhaji maka sudah pasti anda telah berumrah, tetapi apabila anda pergi ke baitullah untuk berumrah maka anda belum bisa dikatakan telah berhaji.

Ibadah umrah disebut juga dengan haji kecil karena rangkaian amalan yang telah disebutkan diatas tidak dilakukan oleh jamaah umrah, sedangkan berhaji disebut dengan haji besar karena semua rangkaian amalan diatas dan amalan umrah telah jamaah lakukan.


Harga Umrah 2013 Termurah Fasilitas Terbaik
Powered by Blogger.