آخر الأخبار

Friday, October 5, 2012

Permasalahan Yang Sering Timbul di Hotel Haji Indonesia



Jamaah Haji Berdesakan Di Lift HotelSetelah seluruh jamaah Haji ditempatkan di hotel-hotel yang tersebar di Sektor I Makkah. Tugas kami adalah memastikan bahwa seluruh fasilitas hotel berjalan dengan baik. Di tiap loby hotel ada lembaran yang rutin kami isi tiap hari, antara lain berisi tentang keberadaan air minum (zam-zam), juga air mandi. Setelah kami cek kepada jamaah barulah lembaran itu kami ceklist dan ditandatangani. Selesai dari satu hotel, melanjutkan ke hotel yang lain, sekalian sillaturrahmi dengan Jamaah Haji.

Hanya dua kali kami mengalami kekurangan air, yakni di hotel 104 dan di hotel 109. Setelah mendapat laporan dari jamaah melalui Ponsel kami. Saya beserta team, segera meluncur ke lokasi untuk memastikan kebenaran laporan itu. Setelah di cek dan ternyata air itu benar-benar tidak ada, saya menemui harits (penjaga) hotel 104 yang kebetulan orang Yaman, ternyata mesin pompa airnya sedang diperbaiki, seraya berjanji untuk tidak terulang lagi. Adapun yang terjadi di hotel 109 adalah karena ada pergantian motor pompa air, sehingga sekitar setengah jam air itu tidak naik.

Masalah air, biasanya menjadi persoalan yang serius. Tahun-tahun sebelumnya banyak sekali kekecewaan jamaah Haji terhadap masalah kekurangan air ini. Alhamdulillah di tahun 2011 tidak ada kendala tentang masalah air ini. Tetapi permasalahan yang seringkali muncul adalah Jamaah tersesat jalan. Hampir tiap hari ada jamaah yang ketemu di jalan sedang kebingungan tidak tahu arah pulang, terkadang juga ada mukimin yang mengantarkan jamaah sector lain yang sesat jalan ke Sektor I. tugas kami adalah mengantarkannya ke sector dimana mereka (jamaah) tinggal.

Masalah lain yang sering muncul juga adalah masalah lift yang sering macet, atau kurangnya fasilitas lift. Bayangkan saja, hotel yang berkapasitas 2500 orang hanya memiliki 4 pintu lift yang berkapasitas 10 orang saja. Menunggu di pintu lift menjelang berangkat dan pulang dari masjid, menjadi pemandangan sehari-hari. Untunglah para jamaah hari jarang yang protes, atau pengertian bahwa mereka sedang beribadah, sehingga tensi kesabarannya sangat tinggi.



Permasalahan Yang Sering Timbul di Hotel Haji Indonesia
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Top