Tips Aman Ibadah Umrah dan Haji di Baitullah

Tips Aman di Baitullah
Kota Mekkah dan kota Madinah adalah merupakan kota haram yang masing-masing memiliki keistimewaan. Haramnya kota mekkah adalah diharamkan oleh Nabi Ibrahim a.s, sedangkan haramnya kota Madinah adalah diharamkan oleh rasulullah SAW.

Haramnya kedua kota suci tersebut bukan berarti kondisi disana adalah aman dari penipu, aman dari pencopet ataupun aman dari orang-orang yang berniat jahat kepada seseorang, sehingga para jamaah diwajibkan lebih berhati-hati ketika berada disana untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Biasanya orang-orang yang berbuat jahat adalah dilakukan oleh orang-orang asal negara kita sendiri, dan bahkan adakalanya dilakukan oleh sebagian kecil orang-orang disana, yang notabene sebenarnya mereka adalah bukan orang asli dari mekkah dan Madinah - melainkan orang yang berasal dari negara lain dan mencari mata pengharian disana.

Berikut adalah Tips Aman yang patut diwaspadai para Jamaah Umrah dan Haji ketika berada di Tanah Suci, diantaranya:

Potong Rambut Untuk Tahalul

Usahakan anda membawa gunting untuk bertahalul, jangan sampai anda melakukan tahalul dengan menyewa gunting di bukit marwah, karena anda akan terjebak dengan harganya. Jika anda langsung mengiyakan untuk meminjam/menyewa gunting dari orang-orang yang tidak anda kenal atau tidak bertanggung jawab maka anda akan ditipu dari masalah harga. Biasanya berkisar antara 50-150 real. Sungguh harga yang bukan seharusnya. Jika anda akan menggunduli rambut, lakukanlah di barber shop ketika anda telah keluar dari Masjidil Haram, akan tetapi sebaiknya membawa gunting masing-masing atau setidaknya gunting dipersiapkan oleh masing-,masing ketua regu dari Jamaahnya atau Mutawif yang membimbing para Jamaah

Dalih "Jasa Mencium Hajar Aswad"

Banyak sekali disana yang akan menawarkan kepada anda "Jasa untuk bisa mencium Hajar Aswad". Mudah-mudahan setelah disampaikannya hal ini dalam artikel yang sedang anda baca, anda tidak tertipu dengan hal-hal yang akan mencelakakan anda. Ibadah Haji dan Ibadah Umrah adalah untuk bertemu dan mengharap keridhaan Allah SWT dan bukan untuk saling mendholimi sesama jamaah. Biasanya "Jasa" diatas adalah akan mengawal anda ke dekat Hajar Aswad tanpa memperhitungkan keberadaan jamaah lain yang sedang bertawaf, dalam hal ini maksud saya adalah mereka tidak perduli apabila jamaah lain terdholimi. Mencium Hajar Aswad adalah hal Sunah, sehingga segala perbuatan anda jangan sampai menggugurkan nilai ibadah umrah dan haji anda karenamelakukan perbuatan dholim terhadap orang lain. Mintalah kepada Allah SWT untuk digampangkan jalannya, insya allah anda akan bisa mencium Hajar Aswad tanpa harus keluar biaya ratusan real dengan menyewa jasa-jasa yang tidak bisa dipertanggung jawabkan.

Pengemis

Hati-hatilah terhadap pengemis yang berada di sekitar luar Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, karena sebenarnya diantara mereka ada yang berpura-pura mengemis padahal mereka adalah bukan pengemis, melainkan pencuri dan penjambret yang memperhatikan tas dan dompet yang anda bawa. Mereka biasanya tertutup dengan Hijab berwarna hitam, sehingga anda tidak akan mengetahui sebenarnya apakah mereka benar-benar pengemis ataukah mereka adalah penjambret.

Hati Hati Menyimpan Dompet

Usahakan simpan dompet di kaos yang memiliki resleting, Kaos ini biasa dijual dengan harga Rp 25.000 dan bisa anda beli di toko oleh-oleh haji di tanah air sebelum anda berangkat ke tanah suci. Jangan pernah menyimpan dompet di Tas ataupun saku celana belakang, karena kejadian yang tidak diinginkan sering terjadi..misalnya penjambretan dan pencopetan

Jebakan Onta Hias

Hal ini adalah terjadi di sekitar Jabal Rahmah, dimana disana akan banyak sekali orang yang menawarkan untuk menaiki onta yang telah dihiasi pernak pernik arab. Disaat anda akan menungganginya silakan lakukan tawar menawar terlebih dahulu sebelum menungganginya, dan jika si pemilik melakukan pemotretan, maka jangan sampai anda tertipu, karena semua foto yang telah dia potret harus semuanya anda beli. Banyak sekali yang tertipu dalam hal ini dan bahkan ada yang terkena tarif lebih dari 200 real.

Biasakan Menawar Ketika anda akan berbelanja

Jika anda akan berbelanja disana, maka lakukanlah tawar menawar terlebih dahulu, karena harga yang ditawarkan mahalnya bukan main. Jika anda bisa menawar maka harga sebenarnya adalah sekitar 25% saja dari harga yang mereka tawarkan, akan tetapi tidak selamanya demikian. biasanya hal ini terjadi ketika anda berbelanja di toko-toko yang berada di emper jalan

Lakukanlah berbelanja di Mal atau toko-toko di dalam zam-zam tower ataupun bin dawood mall - karena selain barang terjamin kualitasnya, dan harga yang ditawarkan pun adalah harga yang sewajarnya dan anda insya allah tidak akan tertipu.
Powered by Blogger.