Masjidil Haram dan Keutamaannya

Masjidil Haram adalah tempat yang meliputi Ka'bah, tempat thowah dan sekelilingnya dan bangunan maupun halaman untuk sholat, termasuk meliputi pula semua bagian perluasan yang dimulai pada masa Umar ibn al-Khattab sampai Raja Fahd ibn Abdul Aziz sekarang ini.

Keutamaan Masjidil Haram

Dari Abu Dzar diriwayatkan bahwa dia berkata "Wahai Rasulullah, masjid apakah yang pertama kali dibangun pertama kali di muka bumi ini" Rasulullah saw menjawab, "Masjidil Haram". "lalu, masjid apa lagi", tanyaku kembali, beliau menjawab, "Masjidil Aqsho". Berapalama antara keduanya?" timpalku. "40 tahun" kata Rasulullah.

Menurut ibnu al Qoyyim yang dimaksud dengan pembangunan masjidil aqsho tersebut adalah pembangunan yang dilakukan oleh nabi Yakub a.s yang kemudian direnovasi kembali pleh nabi Sulaiman a.s.

Sedangkan dari Jabir r.a dikisahkan bahwa Rasulullah pernah bersabda, "Shalat di mesjidku ini adalah 1000 kali lebih utama daripada sholat di mesjid  selainnya, kecuali "Masjidil Haram". Karena sholat di Mesjidil Haram adalah lebih utama 100 ribu ksli daripada sholat di mesjid lain".

Sholat di Mesjidil Haram keutamaannya adalah sama dengan sholat di tempat lain selama 55 tahun - 6 bulan - 20 malam.
Powered by Blogger.