آخر الأخبار

Monday, December 3, 2012

Info Keberangkatan Haji Indonesia

Informasi keberangkatan haji Indonesia sangat banyak dicari informasinya oleh para calon jamaah haji yang telah memiliki niat untuk berangkat ke tanah suci, maklum saja karena informasi tersebut sangat berhubungan dengan quota yang tersedia setiap tahunnya.

Quota haji Indonesia yang disediakan adalah sekitar 211 ribu pada tahun 2012, dan untuk jumlah ini adalah masih sangat sedikit jika dibandingkan dengan jumlah penduduk yang ada, atau hanya sekitar "kurang dari 1%". Menanggapi hal ini pemerintah tengah berusaha untuk meminta tambahan jatah quota haji kepada pemerintah arab saudi khususnya pada kementerian haji arab saudi.

Selain itu juga, Pemerintah Indonesia melalui "Anggito Abimanyu" sebagai Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh tengah berkoordinasi dengan Dirjen haji negara tirai bambu untuk meminta jatah quota yang tidak terpakai yang dimiliki negaranya, akibat quota yang disediakan untuk negeri panda masih banyak yang belum terpenuhi. Walaupun pemerintah Cina belum menanggapi, harapan pemerintah Indonesia sangat besar kepada negara tersebut dikarenakan quota negara tersebut adalah sekitar 200 ribu jamaah haji setiap tahunnya, akan tetapi yang terpenuhi hanya sekitar 20 ribu saja, sehingga banyak sekali kuota yang kosong.

Saat ini hampir setiap kabupaten di Indonesia, jika Jamaah melakukan pendaftaran haji saat ini, maka jamaah tersebut akan baru bisa pergi untuk berhaji diatas tahun 2020. Mengingat antrian panjang tersebut banyak jamaah untuk mengalihkan niatnya untuk pergi berumrah sebelum berhaji. Selain hal tersebut adalah sebagai alasan utama, berumrah sebelum berhaji pun adalah merupakan sunat yang dicontohkan oleh nabi Muhammad saw.

Jika memang memungkinkan, jamaah masih bisa berangkat sekitar tahun 2016 dengan mengikuti program haji plus quota pemerintah, selain memang waktu antrian tidak terlalu lama - fasilitas yang diberikan akan jauh lebih baik dari haji reguler. Hanya dari masalah harga akan jauh lebih besar dari harga ongkos haji reguler.

Sekedar mengingatkan saja, bagi setiap calon jamaah jangan sampai tertipu dengan iming-iming bisa berangkat haji cepat karena kejadian ini sudah sangat banyak terjadi di negara kita. Jika travel haji dan umrah anda menjanjikan bisa berangkat haji dengan cepat maka cek-lah kebenarannya apakah anda memang bisa berangkat sesuai dengan apa yang travel anda janjikan atau tidak, yaitu dengan melakukan pengecekan keberangkatan haji secara online.

no image
  • Title : Info Keberangkatan Haji Indonesia
  • Posted by :
  • Date : 12/03/2012
  • Labels :
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Top