آخر الأخبار

Thursday, December 6, 2012

Jumlah Pintu Pintu Masjidil Haram



Pada zaman rasulullah saw, masjidil haram tidaklah memiliki pintu-pintu seperti masjidil haram saat ini, dahulunya Masjidil Haram hanyalah merupakan halaman terbuka yang ditengahnya terdapat Ka'bah. Dahulu kala masjidil haram di sekelilingnya hanyalah terdapat rumah rumah penduduk yang beberapa diantaranya dari bagian tersebut terdapat lorong-lorong yang mengantarkan ke Ka'bah.

Pintu Masjidil HaramOrang yang pertama kali membangun Masjidil Haram dan membuatkan pintu untuknya adalah sahabat nabi Muhammad saw, "Umar Bin Khattab ra", yaitu pada tahun sekitar 17 H. Seiring waktu dan perkembangan zaman, pintu-pintu masjidi haram pun semakin bertambah banyak dan beberapa buku mengenai literature islam menyebutkan bahwa jumlah dari pintu masjidil haram menurut masa-masa islam adalah sebagai berikut:
Pintu masjidil haram tersebut mengantarkan setiap jamaah ke semua lantai masjid. Pintu tersebut saat ini dilengkapi dengan papan petunjuk lampu hijau yang menandakan bahwa di dalam masjid masih  tersedia tempat untuk jamaah, dan lampu menyala berwarna merah bila tempat di dalam sudah sesak penuh.

Saat ini terdapat juga sebanyak 17 pintu yang dikhususkan untuk jamaah yang memerlukan peayanan khusus dan terdapat juga bangunan untuk escalator.

Tahun demi tahun, waktu demi waktu masjidil haram berdiri semakin megah dan semakin besar, sehingga akan menampung jumlah jamaah yang semakin banyak dari seluruh dunia. Tidak hanya itu pemerintah kerajaan arab saudi juga saat ini sedang  memperlebar area tawaf atau yang disebut dengan mathaf, sehingga di masa yang akan datang pintu masjidil haram pun akan semakin banyak.





Jumlah Pintu Pintu Masjidil Haram
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Top