Mengenal Kubah Kubah Mesjid Nabawi

Kubah masjid nabawi yang terkenal adalah kubah hijau, dimana dibawah qubah ini adalah merupakan letak dari Hujroh Nabi Muhammad saw dan "Rhaudhah Assyarifa" yang merupakan bagian dari taman taman surga. Kubah Hijau adalah merupakan kubah yang pertama kali dibangun di mesjid nabawi. Pembangunannya terjadi pada tahun 678M atau sekitar tahun 1279M pada saat masa pemerintahan Sulthan Mamluki Al Manshur Qolawun As-shilihi.

Kubah Masjid Nabawi
Setalah itu dibangunkah kubah-kubah masjid nabawi yang lain, sehingga jumlah kubah masjid nabawi pada saat itu adalah sebanyak 170 kubah dan ini menjadi puncak kemewahan dan kemegahan masjid nabawi pada saat itu, yaitu sekitar tahun 1265 - 1277 H atau sekitar tahun 1828 - 1860 M pada saat pemerintahan Majidi. Kubah tersebut sampai saat ini masih bisa dilihat dan dinikmati keindahannya, yaitu terletak pada bangunan masjid nabawi bagian selatan.

Pada perluasan terakhir yang dilakukan oleh kerajaan arab saudi, dibangun kembali kubah masjid nabawi yang lain sebanyak 27 kubah, dimana qubah mesjid nabawi ini bisa bergerak menutup dan membuka. Kubah ini merupakan kubah yang memakan biaya sangat mahal karena kubah ini menggunakan tenaga listrik dan hidrolik serta dihiasi dengan hiasan islami yang sangat indah.

Total Jumlah kubah masjid nabawi saat ini adalah sebanyak 197 kubah, dimana kubah kubah tersebut menjadi saksi sejarah pemerintahan islam dan berkembangnya masjid nabawi.


Powered by Blogger.