آخر الأخبار

Tuesday, December 18, 2012

Sumur Air Zam Zam

Sejarah Sumur Zamzam

Suatu ketika, Ibrahim as, beserta Ismail as, dan ibunya, ibunda Siti Hajar, datang ke Mekah. Lalu Ibrahim meninggalkan keduanya, dan membekalinya dengan air dan kurma. Kemudian setelah beberapa lama, persediaan air mereka habis. Maka naiklah Hajar ke bukit Shaft, dengan harapan barangkali dapat melihat seseorang untuk menolongnya. Namun ia tidak melihat seorang pun. Maka larilah Hajar ke bukit Manua dengan tujuan yang sama, tetapi ia juga tidak melihat seseorang pun.

Foto Sumur Zam Zam Masa Lalu
Demikianlah Hajar bolak-balik antara Shafa dan Marwa sehingga sampailah pada putaran ketujuh ketika akhirnya ia mendengar sebuah bunyi, yang ternyata ialah bunyi Malaikat yang sedang mengepakkan sayapnya. Maka munctil-lah mata air.' Dan disitulah Hajar minum, dan menyusui anaknya, Ismail as.

Kemudian, datanglah ke Mekah suatu kabilah dari Yaman yang dikenal dengan sebutan "Kabilah Jurhum", dan menetap di sana. Ketika kesucian Kaibah mulai tercemari (oleh kemusyrikan), maka mata air zam-zam pun ikut mengering dan sumurnya pun ikut tenggelam, sehingga tidak diketahui oleh seseorang pun selama beberapa abad.

Posisi dan Letak Sumur Zam Zam

Letak Sumur Zam Zam Sebelum Ditutup
Posisi Sumur Zamzam sebelum ditutup di Area Thowaf
Sumur zamzam terletak kira-kira 11 in dari Ka'bah. Berdasarkan penelitian, dibuktikan bahwa mata air sumur zam-zam dapat memompa air antara 11 sampai -18, 5 liter air/detik. Sehingga per menitnya akan menghasilkan air (60 X 11) 660 liter, atau (660 X 60) 39. 600 liter / jam. Dari mata air ini, terdapat celah ke arah hajar Aswad dengan panjang 75 cm dengan ketinggian 30 cm yang juga menghasilkan air sangat banyak. Ada pula celah ke arah pengeras suara dengan panjang 70 cm dan tinggi 30 cm, di samping beberapa celah kecil lainnya ke arah Shafa dan Marwa.
Letak Posisi Denah Sumur Zam Zam Saat Ini
Denah Sumur Zam Zam
Dahulu, di atas sumur zam-zam terdapat bangunan dengan luas 8,3 m X 10,7 m = 88,8 m2. Antara tahun 1381 - 1388 H, bangunan ini ditiadakan dalam rangka memperluas tempat thawaf. Sehingga tempat rninum air zam-zam dipindahkan ke ruang bawah tanah, di bawah tempat thawaf, dengan 23 anak tangga yang dilengkapi dengan pendingin udara (AC).
Letak Sumur Zam Zam Sekarang
Letak Sumur Zam Zam

Tempat masuknya dipisah antara laki-laki dan perempuan. Terdapat sekitar 350 buah kran air untuk rninum, yaitu 220 berada di ruang untuk laki-laki, dan 130 berada di ruang untuk perempuan. Sumur zam-zam dapat dilihat dari ruangan laki-laki yang dipagari dengan kaca tebal.

Keutamaan dan Keistimewaan Air Zam-zam
  • Air zam-zam berasal dad mata air surga; 
  • Merupakan buah pemberian Allah berkat dikabulkannya doa
  • Menjadi faktor penentu hidup dan perkembangan Mekah; 
  • Merupakan bukti nyata dari Allah di Tanah Suci; 
  • Menjadi ni'mat agung serta membawa manfaat besar pada Masjidil Haram; 
  • Sebaik-baik jenis air di muka bumi; 
  • Munculnya melalui perantara Malaikat Jibril
  • Berada di tempat paling suci di muka bumi ini; 
  • Air yang digunakan untuk mencuci hati Rasulullah lebih dari satu kali; 
  • Rasulullah memberkatinya dengan air ludah beliau yang suci;
  • Air yang dapat berfungsi sebagai makanan sekaligus obat untuk penyembuh segala macam sakit;
  • Menjadi obat segala macam penyakit
  • Jika diminum dengan niat untuk kebaikan, rnaka Allah akan mengabulkannya; 
  • Tidak akan habis walaupun airnya selalu diambil
  • Telah ada sejak 5000 tahun yang lalu, sehingga menjadi sumur tertua di muka bumi ini.

Adab Minum Air Zam-zam

Diantara adab minum zam-zam ialah;
  • Mengambilnya dengan tangan kanan;
  • Menghadap kiblat; 
  • Sebelum minum membaca basmalah; 
  • Boleh minum sambil berdiri atau duduk; 
  • Bernafas tiga kali, lalu berhenti sejenak jika ingin minum lagi; 
  • Membaca hamdalah setelah minum; dan 
  • Membaca do'a untuk kebaikan dunia dan akhirat, karena saat itu merupakan waktu-waktu yang diijabah
Mengenal Pengurusan Zamzam

Kantor Urusan Zam-zam Pada tahun 1415 H dibentuklah kantor atau lembaga di Mekah yang bertugas mengurusi air zam-zam. Kantor atau lembaga ini dilengkapi dengan peralatan untuk menyalurkan air dari sumur ke tangki penampungan air dari beton dengan volume 15.000 m3, dan bersambung dengan tangki lain di bagian atas Masjidil Haram guna melayani para pejalan kaki dan musafir. Selain itu, zam-zam juga diangkut ke tempat-tempat lain dengan truk-truk tangki, terutama ke Masjid Nabawi di Madinah

Penelitian Ilmiah dan Sains Mengenai Air Zamzam

Dr Hamdi Saif dari Alexandria University yang merupakan salah satu pakar di bidang kimia dan fisika menyimpulkan, bahwa air zamzam adalah air terbaik yang ada di muka bumi, sebagaimana dimuat juga dalam situs Saudi Gazzete

Air Zamzam adalah air yang terbebas dari mikroorganisme patogen dan memiliki keseimbangan elektrolit yang sempurna, juga mineral esensial yang sangat baik lagi penting bagi kesehatan.
Air zamzam sangat membantu dalam pengobatan pengobatan penyakit ginjal dan jantung, masalah mata, migrain, dan sejumlah kondisi kronis lainnya. Air zamzam tak mengenal kadaluarsa dan tidak berbau dan juga tidak terdapat kandungan klorin di dalamnya.

Dari hasil penelitian di Eropa menyebutkan, bahwa zamzam mengandung kalsium, magnesium, dan fluorida. Ini adalah kandungan unik dan khusus yang membuat zamzam memiliki khasiat untuk menyegarkan tubuh seketika, dan ini terbukti kepada jamaah yang minum air zamzam disaat kelelahan maka badannya akan kembali fit setelah meminumnya.

Peneliti Puslit Geoteknologi LIPI, Robert M. Delinom mengatakan, air zamzam memiliki kandungan mineral yang lebih dibandingkan dengan air tanah pada umumnya. Salah satunya, dipengaruhi lingkungan geologis dan cuaca.

Robert memaparkan kondisi sekitar Mekkah yang tidak banyak air hujan, cuaca yang panas mengakibatkan terjadinya penguapan mineral yang terkonsentrasi dalam air. Sehingga lebih berkhasiat. "Lebih menyehatkan badan, energinya lebih, memberikan nutrisi pada tubuh."

The True Power of Water - Dr. Masaru Emoto (Japan)

Di sebuah hotel di kota Kualalumpur, Malaysia, Dr. Masaru Emoto dari Universitas Yokohama, Jepang, memaparkan hasil risetnya mengenai air yang ditulisnya dalam buku The True Power of Water Sejumlah slide kristal molekul air dari berbagai sumber, seperti air dari mata air, sungai, laut, telaga dsb. ditayangkan pada kesempatan itu.

Struktur Molekul Air Zamzam
Struktur Molekul Air Zamzam

Beberapa molekul air yang ditelitinya berbentuk tak teratur, kecuali molekul air zam-zam. Susunan molekul air zam-zam berstruktur sangat indah, teratur, cantik bak berlian yang berkilauan, dan memancarkan lebih dari 12 warna jika dibekukan. Molekul air zamzam berbentuk seperti bunga atau cakra, bagaikan bertahta berlian mutu manikam, berkilau-kilau memancarkan belasan warna.

“Sebaik-baik air di muka Bumi adalah air Zamzam, di dalamnya ada makanan yang mengenyangkan dan obat yang menyembuhkan penyakit.” (HR. Thabrani dan Ibnu Hibban)

Video Di Lokasi Penyedotan Sumur Air Zamzam

Cara Membedakan Air Zamzam Palsu dan Asli

Tips ini dibahas secara terpisah dari topik ini, silakan anda baca di bagian cara mengenali Air Zamzam palsu

Sumur Air Zam Zam
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Top