Mengetahui Seluk Beluk Visa Umroh

Visa Umroh adalah hal yang sangat penting dan krusial dalam memastikan berangkat atau tidaknya seorang calon jamaah umroh ke tanah suci. Visa Umroh ini disediakan oleh Kerajaan Arab Saudi dan atau kedutaan besar/komjen di negara masing masing yang dimana apply visa tidak bisa dilakukan oleh perorangan, melainkan hanya bisa dilakukan oleh biro travel umroh.

Visa Umroh

Tidak semua travel umroh yang ada di Indonesia bisa mengajukan apply visa, hal ini disebabkan karena ketatnya peraturan yang diterapkan oleh pihak kerajaan itu sendiri. Setiap travel harus bisa memastian bahwa setiap calon jamaah yang dibawa ke negara Saudi Arabia harus bisa mematuhi semua peraturan yang dipersyaratkan ketika berada di Tanah Suci dan atau dari segi masa berlaku visa, dalam hal ini pihak travel harus bisa mempertanggung jawabkan jika ada dari jamaahnya kabur dari travel dan menetap di Arab Saudi sebagai ilegal person yang menetap disana.

Visa Umroh sangat sulit didapat apalagi pada bulan Juni, July ataupun Ramadhan 2013. Kuota yang disediakan oleh kerajaan Arab Saudi sangatlah terbatas, hal ini berkaitan dengan pelebaran Mathof di Masjidil Haram dan terbatasnya hotel hotel di Mekkah akibat pembongkaran untuk pelebaran area masjidil haram.

Visa umroh yang disediakan untuk bulan bulan diatas adalah berkisar sekitar 18.000 visa dalam satu bulan khusus untuk calon jamaah umroh Indonesia dan hal ini sudah tentu akan menyebabkan banyak travel yang tidak bisa memberangatkan jamaahnya.

Biasanya Jamaah Umroh Indonesia yang pergi berumroh adalah sekitar 2000 s/d 5000 jamaah setiap harinya, akan tetapi pada bulan bulan yang telah disebutkan diatas adalah dibatasi hanya 18.000 dalam satu bulan. Sehingga estimasi perhari hanya sekitar 600 orang saja.

Visa yang ada diperebutkan oleh tiap tiap travel yang akan memberangkatkan umroh jamaahnya, hal tersebut membuat harga visa melambung tinggi dari harga awal sekitar $80-$100 menjadi $3500-$4000 per visa.

Visa umroh adalah berlaku untuk 30 hari adapun persyaratan pembuatan visa diantaranya adalah Passport asli, KTP Asli, KK Asli, Photo 4x6 (6 lembar), foto copy akte bagi calon jamaah yang membawa putera puterinya ikut serta berumroh. Setiap clon jamaah tentunya harus disertai mahromnya. Selain itu diperlukan juga tiket penerbangan dan surat vaksinasi valid sebagai persyaratan lain.

Proses Apply Visa biasanya diajukan pihak travel 3 minggu sebelum keberangkatan.
Powered by Blogger.