Mengetahui Waktu Terbaik Untuk Umroh

Jika kita akan melaksanakan ibadah umroh tentunya kita harus mengetahui kapan waktu terbaik untuk berumroh, dengan harapan ibadah umroh yang akan kita laksanakan bisa berjalan lancar dan bisa menjalankan ibadah dengan nyaman.

Ibadah umroh adalah hukumnya wajib satu kali seumur hidup bagi orang yang telah mampu melaksanakannya, dalam hal ini seseorang yang telah memiliki bekal dan atau kendaraan yang bisa menyampaikannya ke Baitullah.

Waktu terbaik untuk melaksanakan ibadah Umroh adalah pada bulan Rabiul awal sampai dengan Jumadil Akhir, dengan alasan semua jamaah bisa melaksanakan ibadah umroh dengan tenang dan nyaman. pada saat saat bulan ini, posisi kabah tidak se-crowded bulan bulan rajab, syaban dan Ramadhan - sehingga semua jamaah bisa leluasa beribadah tanpa terganggu situasi banyaknya jamaah ketika beribadah di tanah suci.

Jika dilihat dari pahala yang didapatkan, tentunya Ramadhan adalah pilihan terbaik untuk melaksanakan ibadah umroh karena selain pahala yang dilipat gandakan, terdapat juga hadits Rasulullah yang artinya, ‘Barangsiapa yang umrah di bulan Ramadhan nilainya sama dengan pergi haji bersamaku.' untuk lebih memahami mengenai umroh Ramadhan, silakan baca artikel mengenai keutamaan umroh Ramadhan.

Disaat seseorang akan melakukan ibadah umroh di bulan Ramadhan tentunya faktor fisik harus dipersiapkan secara maksimal karena selain tujuan utama untuk berumroh, jamaah juga akan menunaikan ibadah puasa di tanah suci dengan kondisi cuaca yang sangat jauh berbeda di Indonesia. Faktor debu dan terik panas akibat pembongkaran gedung gedung di sekitar Masjidil haram pun menjadi alasan utama untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit.

Umroh Juni Rumah Allah

Alasan Selanjutnya adalah persiapan materi, karena ibadah umroh di bulan ramadhan harga akan jauh lebih mahal dibanding umroh di bulan bulan lain, hal ini diakibatkan oleh keinginan seluruh umat muslim dunia beribadah umroh di bulan ramadhan dan mendapatkan pahala yang berlipat sesuai hadist diatas.

Sehingga dari catatan diatas bisa diambil beberapa kesimpulan sebagai berikut:
  1. Jika anda berumroh di bulan Rabiul Awal s/d Jumadil Akhir maka kelebihannya adalah ibadah umroh yang anda lakukan akan terasa nyaman dan khusyuk berhubung sedikitnya jamaah umroh dunia yang melaksanakan ibadah umroh, selain itu harga yang ditawarkan untuk melaksanakan ibadah umroh akan jauh lebih murah. Jika anda akan berniat Umroh tahun 2014 - maka siapkanlah antara bulan Januari s/d April.
  2. Jika anda akan berumroh di Bulan Ramadhan, pahala yang didapatkan akan berlipat ganda - dan faktor fisik anda harus bisa terjaga dengan baik. Selain itu ongkos umroh yang harus anda keluarkan akan jauh lebih mahal di banding umroh di bulan biasa.
Menurut kami, umroh di waktu manapun atau bulan apapun adalah baik selama setiap jamaah umroh bisa beribadah dengan meniatkan niatnya hanya untuk mengharap ridho Allah dan bukan untuk niat niat yang lain - dan tentu saja bisa menjaga syarat dan rukun umroh itu sendiri.
Powered by Blogger.