2014 Mekkah Madinah dihubungkan Kereta Api Listrik

Mulai tahun 2014, Mekkah dan Madinah akan dihubungkan dengan Kereta Api Listrik berkecepatan tinggi yang dinamakan "Haramain Railway". Proyek ini dikerjakan Pemerintaha Kerajaan Arab Saudi bekerja Sama dengan Pemerintah Spanyol.

kereta api super cepat arab saudi
Haramain Railway ini akan melayani rute Madinah - Mekkah - Jeddah. Proyek ini akan segera dirampungkan dengan total biaya sebesar 30,8 Milyar Saudi Real. Di Medinah, stasiun terletak di dekat bandara Pangeran Muhammad dan di Mekkah, stasiun akan dibangun di dekat lingkungan Masjidil Haram.

Jika sebelumnya jamaah Umroh atau jamaah haji biasa menempuh waktu sekitar 5 jam untuk sampai kota Mekkah dari Madinah menggunakan transportasi bus, waktu yang diperlukan dengan menggunakan kereta api ini hanya diperlukan sekitar 1 jam saja.

Dengan adanya transportasi baru ini, diharapkan semua jamaah umroh dan haji akan merasa nyaman dengan pelayanan Kerajaan Arab Saudi. Setelah rampung tahap pembangunan di Mekkah dan Madinah kereta api ini akan dihubungkan juga ke Jeddah, yang dimana stasiun kereta Api akan dibangun di dekat bandara King Abdulaziz dan kota jeddah, sehingga total stasiun yang akan dibangun adalah berjumlah 4 stasiun yaitu Madinah, Mekkah, Jeddah dan Bandara KingAbdulaziz.

Pembangunan ini selain diharapkan untuk kenyamanan, keamanan para jamaah haji dan umroh - juga diharapkan dengan singkatnya waktu yang diperlukan - para jamaah bisa lebih banyak waktu untuk beribadah di tanah suci.

Sayangnya para jamaah haji yang aan berangat tahun 2013 belum bisa menikmati fasilitas ini, karena fasilitas kereta super cepat ini baru rampung awal tahun mendatang
Powered by Blogger.