Mengetahui Keberangkatan Umroh Pertama Setiap Tahunnya

Musim pertama ibadah umroh setiap tahunnya adalah dimulai dari bulan Safar, yaitu bulan kedua dalam kalender Islam. Musim keberangkatan pertama ibadah umroh biasanya akan dipusingkan dengan masalah visa, karena dalam hal ini visa umroh baru dikeluarkan oleh pemerintah Kerajaan Arab Saudi.
Visa Umroh

Visa umroh pertama keluar setelah musim haji selesai, atau sekitar satu bulan setelah penyelenggaraan ibadah haji. Visa umroh biasanya berlaku selama 30 hari, akan tetapi mulai tanggal 1 Syaban 1434 H, visa umroh hanya berlaku untuk 2 minggu saja - dalam hal ini hanya valid untuk 14 hari.

Pemberlakuan aturan visa yang baru adalah dikarenakan Kerajaan Arab Saudi sedang mengejar waktu pembangunan Masjidil Haram, dimana area Mathaf mengalami penyempitan, sehingga banyak sekali jamaah umroh yang berdesak desakan disaat melakukan thowaf.

Satu kali putaran thowaf biasanya hanya memerlukan waktu sekitar 5 - 10 menit, akan tetapi dengan perbaikan dan pengembangan majidil Haram dan area thowaf ini, satu kali putaran thowaf bisa mencapai waktu sekitar 40 menit s/d satu jam. Selain waktu yang sangat lama dan situasi berdesakan, juga ditambah banyak sekali jamaah yang terluka karena tertabrak kursi roda.

Khususnya di Indonesia, banyak sekali travel yang sudah mengeluarkan harga Umroh untuk Tahun yang akan datang, padahal Musim Haji pun belum selesai dilaksanakan - menanggapi hal ini, sudah selayaknya semua calon jamaah berfikir pintar, karena "jika musim haji belum selesai, maka tidak ada visa umroh" - "Visa Umroh baru keluar setelah Musim Haji"


Pertanyaan Yang sering ditanyakan mengenai Pelaksanaan Ibadah Umroh dan Visa Umroh:

Kapan Awal Musim Ibadah Umroh ?
Jawab: Awal Musim Ibadah Umroh adalah Bulan Safar, atau bulan kedua dalam kalender Islam

Kapan Akhir dari Musim Ibadah Umroh ?
Jawab: Akhir Ramadhan setiap tahunnya

Berapa Lama Visa Umroh berlaku ?
Jawab: sebelum peraturan baru, visa umroh berlaku untuk 30 hari (baca seluk beluk visa umroh), akan tetapi saat ini visa Umroh berlaku hanya 14 hari mulai dari tanggal 1 syaban 1434 H / 10 Juni 2013.

Bisakah Jamaah membuat Visa Umroh Sendiri tanpa Travel ?
Jawab: Tidak bisa, visa umroh hanya bisa diajukan oleh travel dan telah memiliki izin

Kenapa Visa Umroh tidak bisa dibuat oleh perorangan ?
Jawab: Visa hanya bisa diajukan oleh Agen travel perjalanan, dimana travel tersebut telah memiliki kontrak dan surat jaminan keuangan dan harus menyerahkan semua kontrak dan surat jaminan keuangan sebelum visa umrah diterbitkan kepada Kementerian Haji Arab Saudi

Apakah Visa Umroh sama dengan Visa Kerja ?
Jawab: Visa Umroh tidak sama dengan visa kerja, visa umroh adalah visa yang dikeluarkan pemerintah kerajaan arab saudi untuk melakukan ibadah umroh - dan visa ini tidak valid untuk kerja ataupun untuk tinggal

Apakah persyaratan membuat Visa Umroh ?
Jawab: Untuk membuiat visa umroh, maka calon jamaah harus menyerahkan hal-hal berikut ini kepada travel perjalanan umroh:
  1. Paspor asli (masa berlaku min. 6 bulan) dengan nama min. 3 kata. Contoh: Yusuf Maulana Ilham, Yanti Afifah binti Sofyan, dsb.
  2. Pas photo berwarna 4×6 = 6 lembar (latar belakang putih bagian wajah tampak 80%)
  3. Kartu keluarga bagi yang membawa putra putinya (asli)
  4. Surat nikah bagi suami/istri (asli)
  5. Foto kopi KTP
  6. Akte kelahiran anak bagi yang mengikut sertakan putra/putrinya (asli)
  7. Untuk Jamaah Wanita yang berusia dibawah 45 tahun wajib untuk didampingi suami /Mahramnya, apabila tidak maka diwajibkan untuk dilengkapi dengan surat Mahram. Sedangkan untuk jamaah wanita yang berusia diatas 45 tahun tidak diwajibkan untuk didampingi suami/mahramnya (Hanya menyertakan KTP ASLI)
  8. Kartu Maningitis Asli 
Dan sebagai pengetahuan, berikut adalah contoh surat form permohonan visa umroh kepada Kementerian Haji Arab Saudi. Khususnya di Indonesia, hampir 80% travel tidak mengetahui tentang form ini, dikarenakan banyak travel di Indonesia yang masih menginduk ke travel yang lebih besar sehingga proses permohonan visa travel tersebut sama sekali tidak mengetahui selain juga memang banyak travel tidak resmi yang tumbuh subur di Indonesia.

Formulir permohonan visa umroh
Form Permohonan Visa Umroh
Dokumen pembuatan visa umroh

    Bagi calon jamaah umroh, sebelum berangkat umroh dan menentukan pilihan umroh kepada travel tertentu harap diperhatikan hal hal berikut:
    1. Jangan percaya jika travel umroh menjanjikan keberangkatan dengan harga yang terlampau sngat murah. Sebagai gambaran, biaya tiket pesawat untuk pulang pergi Jakarta - Jeddah - Jakarta adalah di kisaran 12 juta s/d 14 juta bahkan bisa lebih. Setiap calon jamaah bisa melakukan pengecekan biaya secara langsung di maskapai penerbangan yang dijanjikan pihak travel.
    2. Biaya pesawat diatas adalah belum termasuk biaya lain lain seperti, biaya hotel, transportasi Jeddah, Madinah, Makkah, biaya Hotel, Biaya Makan Jamaah
    3. Untuk hal hal lainnya mengenai umroh anda bisa berkonsultasi dengan Rumah Allah di line phone 0261-208420 /. 0261 - 2820033 atau melalui 081223696156
    Semoga bermanfaat untuk semua.
    Powered by Blogger.