Tips Berbelanja di Madinah dan di Makkah

Kota Makkah dan Madinah adalah dua kota suci yang menjadi tujuan umat islam untuk datang melaksanakan ibadah haji, ibadah umroh serta berziarah ke makam Rasulullah dan para sahabatnya.

Sebelum ataupun setelah melaksanakan sholat berjamaah di Haram, para jamaah sering memanfaatkan waktu untuk berbelanja membeli barang-barang sebagai oleh-oleh ataupun jalan jalan dan melihat lihat souvenir barang barang islami di sekitar lingkungan Haram yang banyak dijual.

Disekitar Masjid Nabawi ataupun Masjidil Haram banyak sekali tempat berbelanja mulai dari pedagang kaki lima sampai mall mewah.  Didepan masjidil haram dibawah tower royal clok (jamaah indonesa biasa menamakan dengan tower zamzam) terdapat pusat perbelanjaan yang dinamakan "Al-Baik Mall". Disana dipajang mulai dari barang-barang mewah, merek-merek ternama sampai dengan barang barang elektronik buatan cina. Khusus untuk berbelanja kuliner, disana juga dijajakan makanan khas indonesia, seperti restoran Mr Sate, Warung Mpok Minah dan restauran Tasneem yang ada di lantai P3. Semua restaurant tersebut adalah dilayani oleh pelayan pelayan orang Indonesia asli, sehingga rasa kangen dan rindu terhadap tanah air akan sedikit terobati. Khusus untuk anda penggemar bakso, di Madinah terdapat Bakso Si Dul yang letaknya di belakang Hotel Clasy Andalus dan di Jeddah ada pula bakso mang Udin yang terletak di samping Mall Corniche Balad.

Tips berbelanja di tanah suci

Ketika jamaah lewat didepan toko di sekitar Haram - para pelayan toko yang kebanyakan orang arab Yaman dan orang keteurunan barmawi (sekarang Myanmar) akan menyapa jamaah Indonesia "Apa kabar", "Indonesia bagus".
"Ayo mari lihat-lihat murah-murah..."halal-halal", itulah tawaran para pelayan toko agar anda bisa melihat lihat barang barang di tokonya ataupun berbelanja dan jikalau anda menawar belanja dengan kelewat murah, maka mereka biasa berkata "Bakhil..Bakhil.." - Umumnya para pelayan toko tersebut pandai berbagai macam bahasa ala kadar.Umumnya mereka senang dengan jamaah dari indonesia karena jamaaah indonesia dikenal royal dalam berbelanja dan sopan. Tetapi ketika jamah indonesia yang dikenal royal tidak mau berbebelanja setelah melihat-lihat barang mereka akan melontarkan kata-kata "Indonesia bakhil (pelit)".

Nah untuk berbelanja disana, ada beberapa tips dan triks yang harus anda perhatikan

Tips Dan Trik berbelanja di Makkah dan Madinah

  • 1. Sebaiknya uang anda tukarkan dulu dalam bentuk uang real, anda bisa tukar di tempat penukaran uang didepan Masjid Nabawi atau Masjidil Haram atau di tempat catering hotel - dimana petugas catering indonesia menyiapkan penukarang uang. Jika anda akan mengambil uang di ATM, ATM banyak sekali di sekitar mall zamzam tower depan masjidil haram atau minta bantuan mutawif anda.
  • 2.Jika anda ingin berbelanja sebaiknya anda bertiga atau berempat atau ditemani pasangan anda atau minta bantuan mutawif untuk menemani. 
  • 3.Jangan membawa uang pecahan 500 real karena ini hampir mirip dengan uang pecahan 50 real.
  • 4.Mereka akan memberi tahu anda bahwa ini asli atau tidak tapi dalam soal harga mereka tidak tanggung-tanggung memberikan harga diatas 500%, Jika anda ditawarkan barang diatas seratus real atau lebih maka tawarlah dengan tawaran separuh harga.
  • 5.Jika anda berbelanja dikaki lima sebaiknya anda membayar dengan uang pecahan puluhan real atau lima real sebab dikawatirkan ketika ada penertiban pedagang kakil ima, mereka lari kadang meninggalkan barang dagangannya.
  • 6.Kalau anda berbelanja dengan uang rupiah mereka menerimanya dan nantinya dikurskan dengan memperlihatkan anda hitungan dengan kalkulator.(dalam hal ini mereka jujur)
  • 7. Jika anda seorang perempuan jangan terlalu dalam masuk ke dalam toko.
  • 8.Kalau tawaran anda tidak pas biasanya mereka akan mengatakan "mafi faedah"(tidak ada untung). Kalau anda butuh bepura-puralah tinggalkan atau kalau dia tidak memanggil anda kembali berarti betul dia tida ada faedah.
  • 10. Jika anda seorang perempuan kebetulan anda dipegang bahu ataupun dicolek oleh pelayan yang kebetulan tidak beres sebaiknya anda bersuara keras katakan "haram..haram..haram" lalu cepat-cepatlah pergi.
  • 11.Ketika anda pergi berbelanja atau kemesjid Janganlah berpakaian ketat atau menggunakan mik up karna itu sangat menarik perhatian yang pada umumnnya mereka hanya biasa melihat wanita serba tertutup.
  • 12. Sebaiknya anda minta bantuan mutawif jika anda jamaah umroh yang biasanya didampingi mutawif.
  • 13.Berpura-puralah anda sudah biasa di Makkah dan di Madinah dan gunakan sedikit bahasa arab pasaran, dan biasanya mereka tidak akan menawarkan barang terlalu tinggi.

demikianlah tips berbelanja di Makah dan di Madinah semoga bermanfaat bagi anda yang berniat datang ke tanah suci untuk berhaji maupun berumroh.
Powered by Blogger.