Over Stay, Travel Takkan Bisa Urus Visa

Pemberlakuan visa umroh yang diperketat ternyata berkebalikan dengan total jumlah visa umroh yang dikeluarkan pemerintah kerajaan Arab Saudi yang jumlahnya malah lebih besar dari tahun sebelumnya.

Mulai keberangkatan pemberangkatan umroh per 1 Safar 1435 Hijriah, Pemerintah Saudi Arabia menyediakan sekitar 1.700.000 visa umroh untuk seluruh dunia. Visa umroh yang prosesnya mulai menggunakan sistem jaringan digital ini, seperti biasa salah satu konsumen pasar terbesar pengguna visa tersebut adalah negara Indonesia.

Travel tak bisa urus visa jika over stay
Jaringan sistem digital visa yang diperkenalkan per tahun baru islam ini, akan lebih memudahkan proses pengurusan visa - yang pada saat sebelumnya terkesan lebih rumit, tetapi tahun ini pengurusannya lebih simpel dan sederhana. Jaringan elektronik pengurusan visa umroh ini di klaim akan lebih nyaman, dan aman dalam menjamin keberangkatan jamaah umroh.

Sebelumnya, sejumlah perusahaan umrah saudi dituduh menjual visa umrah melalui agen yang bekerja di luar negeri, sehingga banyak jamaah umrah yang over stay - dan saat ini pemerintah saudi menyatakan hanya sekitar 48 perusahaan umroh saudi yang memiliki lisensi.

Per tahun baru islam 1435 H, perusahaan travel umroh tidak akan pernah bisa mengurus proses visa untuk pemberangkatan umroh selanjutnya jika 500 visa jemaah umrah, atau satu persen, terjadi over stay. Larangan ini akan terus diberlakukan terhadap perusahaan perusahaan dan biro jasa umroh, sampai over stay berkurang dan diharapkan tidak terjadi lagi.

Karena alasan "Over Stay" tahun sebelumnya pemerintah Saudi telah menutup sekitar 190 Perusahaan Umroh dan karena ini pula terjadi pemecatan sekitar 10.000 karyawan dari perusahaan perusahaan tersebut, berdasarkan dari keterangan dari Abdullah Al Qadhi - Wakil Presiden Komite Nasional Haji

Over stay atau pelanggaran izin tinggal banyak dilakukan oleh orang orang yang berasal dari Yaman, India, Mesir dan Pakistan - yang kebanyakan diantara mereka menjadi pengemis dan tukang cukur di sekitar Masjidi Haram. Over Stay Warga Negara Indonesia jumlahnya semakin turun drastis semenjak tahun kemarin pemerintah Saudi Arabia memberikan Amnesti kepada seluruh warga Asing yang bermasalah dengan proses izin tinggal, visa dan iqomah.
Powered by Blogger.