Ziarah ke Makam Baqi Al Gharqad

Baqi al Ghorqod terletak di sebelah timur Masjid Nabawi. Ia adalah pemakaman penduduk Madinah mulai dari zaman Rasulullah صلى اللّه عليه وسلم hingga saat ini, lebih dari 10.000 sahabat, ahli bait, keturunan, paman dan istri Rasulullah صلى اللّه عليه وسلم (Selain Siti Khodijah dan Siti Maimunah) serta para tabiin dimakamkan disana.

Menurut bahasa, Baqi berarti tempat dimana terdapat tunggul berbagai jenis pohon, dari itulah dinamakan "Baqi al Ghorqod". Al-Gharqad adalah pohon berduri yang sangat besar.

Baqi al Gharqad adalah pemakaman penduduk madinah dan berada di dalam kota Madinah. Amr bin Nu'man pernah meratapi kaumnya. Mereka memasuki kebun mereka disebagian peperangan. Mereka kemudian menutup gerbang kebun lantas bertempur. Kaum Amr tidak membuka gerbang kebun hingga sebagian dari mereka terbunuh. (Yaqut al Hamawi, Mu'jam al Buldan, Jilid I, hlm 472)

Berbagai sumber sejarah menunjukan bahwa yang dikubur pertama kali di tempat suci itu adalah "Utsman bin Mazh'un". Keudian disampingnya dimakamkan Ibrahim, putra Rasulullah صلى اللّه عليه وسلم. Dahulu Baqi al Ghorqod adalah kebun dengan banyak pepohonan berduri, namun karena kaum muslimin ingin sekali diquburkan di baqi, mereka pun menebang pepohonan yang ada disana untuk dijadikan pemakaman.

Rasululah صلى اللّه عليه وسلم sendiri sering pulang pergi ke makam baqi. Biasanya beliau pergi ke Baqi pada malam hari, lalu berdoa dan memohonkan ampunan bagi penghuninya. Nafi meriwayatkan dari Ibnu Umar, Nabi Muhammad صلى اللّه عليه وسلم bersabda, "Siapa yang mau meninggal di Madinah, hendaklah dia meninggal di Madinah. Sesungguhnya aku akan memberi syafaat bagi siapa saja yang meninggal disana," (HR. Ahmad)

Abdullah bin Dinar meriwayatkan dari Ibnu Umar, Rasulullah صلى اللّه عليه وسلم bersabda, "Akulah manusia pertama yang akan keluar dari bumi, kemudian Abu Bakar, Umar lalu penghuni Baqi dan mereka dihimpun bersamaku. Lantas, aku menunggu Mekah sehingga aku berkumpul dengan mereka diantara dua tanah suci" (HR Tirmidzi)

Aisyah mengatakan bahwa, ketika malam gilirannya, Rasulullah صلى اللّه عليه وسلم  pergi di akhir malam menuju baqi dan berkata, "Semoga keselamatan tercurah pada kalian, wahai penghuni rumah kaum mukmin. Kami dan kalian akan bertemu esok hari (Hari kiamat), dan sebagian dari kita akan mengharapkan syafaat dari sebagian yang lain. Insya Allah kami akan menyusul kalian. Ya Allah, ampunilah penghuni Baqi Al Ghorqod" (Sunan as-Sughra, An-Nasa'i)


Jadwal Berkunjung Makam Baqi Al Gharqad

Bagi anda yang ingin memasuki pemakaman baqi, tentunya anda harus mengetahui jadwal kapan pintu gerbang baqi dibuka - karena pintu gerbang baqi tidak selamanya dibuka. Sehingga banyak sekali jamaah haji ataupun umroh yang tidak bisa memasuki pemakaman baqi.

Ziarah ke Makam Baqi

Pemakaman baqi seluas 174.962 meter persegi tersebut buka setiap selesai sholat subuh setiap harinya sampai dengan jam 09.00 pagi waktu Madinah, dan untuk sore harinya adalah setelah selesai sholat Ashar sampai dengan Jam 17.00 waktu Madinah.

Selama berziarah ingatlah jangan sampai anda berhura hura seperti tertawa lebar sambil berfoto foto ria.

Doa Berziarah ke Makam Baqi Al Gharqad

Ziarah ke makam baqi, lakukanlah setelah berziarah ke makam Rasulullah صلى اللّه عليه وسلم, Abu bakar dan Umar - berikut di bawah ini adalah doa yang biasa diucapkan Rasulullah ketika beliau medatangi makam baqi:

"Assalamu'alaikum daari qoumim mu'minin, wa ataakum maa tuu'aduuna godam muajjaluuna, wa inna insha allahu bikum laahikuun, Allahummagfirli liahli baqiil qhorkodi"(HR. Muslim)

"Semoga keselamatan tercurah pada kalian wahai penghuni rumah kaum mukminin, akan segera datang pada kalian apa yang dijanjikan Allah kelak, Insya Allah kami akan menyusul kalian. Ya Allah, ampunilah penghuni pemakaman Baqi al Gharqad" (HR. Muslim)
Powered by Blogger.