Ziarah ke Museum Haramain

Kota Makkah selain dari pada Masjidil Haram Banyak tempat-tempat bersejarah di sekitar kota Makkah yang menyimpan benda-benda bersejarah peninggalan zaman awal-awal perkembangan agama Islam hingga abad modern. Salah satunya adalah museum Haramain yang satu area dengan gedung pembuatan kiswah Ka'bah. Museum haramain yang di berada di daerah Ummul Joud jalan yang menuju ke Hudaibiyah atau Jalan jeddah gadim/jalan jeddah lama. Untuk berziarah ke museum Haramain ditempuh selama dua puluh menit dari masjidil Haram.

Museum Haramain di bangun oleh raja Malik Fahad bin Abdul Aziz Al- Saud Museum Haramain disebut juga The Exhibition of Two Holy Mosques Architecture (Museum Arsitektur Dua Masjid Suci) karena Haramain sendiri artinya Dua Tanah Suci yaitu Kota Makkah dan Madinah.

Ziarah Museum Haramain


Di museum ini dipamerkan barang -barang  yang berkaitan dengan perkembangan dan pembangunan masjidil Haram dan masjid Nabawi. Barang-barang yang di pamerkan antara lain:  Pintu Ka'bah yang terbuat dari emas murni dengan berat 280 kg. Talang emas/pancoran emas yang terbuat dari emas 24 karat.Ada juga kunci pintu Ka'bah.Selain dari kiswah Ka'bah juga di pamerkan bingkai hajar aswad yang terbuat dari emas.Dan kerangkeng makam Ibrahim yang terbuat dari campuran tembaga dan besi kuning.Kemudian Mimbar  yang di buat pada masa abad pertengahan. Gayung sumur zam-zam dan tali gayungnya. Kayu penyangga atap Ka'bah yang sudah berumur ribuan tahun masih dipamerkan. Dan mushaf Al-Qur'an tulisan tangan di zaman khalifah Ustman bin Affan masih tersimpan rapi dalam kotak kaca. Benda yang paling baru dipamerkan adalah Maket bangunan masjidil Haram yang sekarang sedang di bangun atau lebih di kenali dengan bangunan Abdullah (di nisbatkan dengan nama raja Malik Abdullah bin Abdul Aziz ) yang berperan dalam pelebaran masjidil Haram yang sekarang.Dan masih banyak lagi benda-benda yang berkaitan dengan masjidil Haram.

Selain dengan benda-benda yang berkaitan dengan masjidil Haram, juga dipamerkan benda-benda yang berkaitan dengan masjid Nabawi, seperti pintu masjid Nabawi  dan maket pembangunan masjid Nabawi.
Yang berkaitan dengan masjid Nabawi tidak begitu banyak jika di bandingkan dengan benda-benda yang berkaitan dengan masjidil Haram.

Di dalam museum di perbolehkan untuk mengambil poto ataupun berpoto-poto ria dalam museum.Dan waktu yang disediakan bagi para pengunjung hanya 25 menit saja.Anda juga diperbolehkan menyentuh benda-benda yang berada di luar kotak kaca.

Ziarah ke museum Haramain adalah satu paket dengan ziarah ke peternakan unta dan masjid Hudaibiyah yang di sediakan oleh pihak travel haji ataupun travel umroh. Jika travel anda tidak menyediakan paket ziarah tersebut maka anda bisa meyewa taxi sendiri dengan tarif 70 real tentunya dengan tawar menawar terlebih dahulu dan minta anda di tungggu selama anda berkunjung di museum.


Powered by Blogger.