Imam Masjidil Haram Dari Indonesia

Selama ini ummat Islam Khususnya dari Indonesia hanya mengenal Imam Masjidil Haram yang sekarang saja, seperti imam Sudaes (Dr Abdurahman Alsudaes),  Imam Juhaini (syeikh Abdullah Awad Al-Juwaini), Imam shuraim(Syeikh Dr Saud Al-shuraim), Iman Maheer (Syeikh Maheer Al-Mueagly) dan masih banyak lagi  imam lianya.

Sebelum tahun 1970 banyak ulama ulama dari Nusantara khususnya dari Indonesia yang bermukim di Makkah dan ada beberapa di antaranya menjadi Imam Masjidil Haram dan Menjadi  Mufti dari (mazhab Safii) Qhadi (hakim) di kota Makkah. Seperti Syekh Nawawi Al-Bantani, Syekh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi, Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari, Syekh Ahmad Al-fathani dan masih banyak lagi ulama-ulama bersar lainnya.

Imam Masjidil Haram dari Indonesia

Salah satu di antaranya yang pernah menjadi Imam Masjidil Haram adalah Syekh Nawawi Al-Bantani. Nama dan gelar lengkap beliau adalah Abu Abdullah Almu'thi Muhammad Umar Al-Tanari Al-Bantani Al-Jawi. Beliau lahirkan  di sebuah kampung pesisir di desa Tanara Serang Banten pada tahun 1230 H/1815M. Ulama banten yang terkenal pada masa itu Umar bin Arabi merupakan ayah beliau. Syekh Nawawi Al-Bantani merupakan keturunan dari Sunan Gunung jati yang merupakan raja dari kesultanan Banten yang pertama

Pendidikan agama di dapat dari ayahnya semenjak beliau masih kecil.Beliau juga dikirim belajar untuk menambah ilmu agamnya kepada ulama-ulama besar diantaranya belaiu berguru pada KH.Sahal dan KH.Yusuf di Purwekerto.

Setelah  berumur 15 ayahnya mengantar belaiu untuk belajar di Makkah. Tiga tahun lamanya beliau menuntut ilmu di Tanah Suci dan kemudian beliau kembali ke tanah air. Syekh Nawawi Al-Bantani ketika itu tidak senang merlihat keadaan negerinya yang masih di jajah kolonial Belanda dan pada akhirnya belaiu kembali ke Makkah untuk melanjutkan pelajaran ilmu agamnya. Beliau adalah seorang penuntut ilmu yang sangat tekun. Beliau belajar dari ulama-ulama hijaz  yang bermazhab Syafii pada masa itu.

Syekh Akmad khatib Sambas yang menjadi guru beliau sekaligus menjadi Imam Masjidil Haram pada masa itu menyuruh beliau untuk menggantikan posisinya menjadi Imam Masjidil Haram. Semenjak sat itulah beliau mulai menjadi pengajar dan memiliki majelis ilmu sendiri. Murid- murid beliau banyak berdatangan dari berbagai negara yang ingin mempelajari kitab-kitab yang bermazhab Syafii.

Murid murid beliau dari Nusantara adalah Syekh Muhammad Yusuf Al-Kelantani (dari tanah melayu Malysia), KH, Hasim Asy'ari pendiri Nahdlatul Ulama/Nu, KH. Ahmad Dahlan merupakan pendiri Muhammadiyah, KH. Zainuddin Abddul Majid beliau merupakan salah satu ulama besar di pulau Lombok sekaligus pendiri Nahdlatul Wathon/NW, Tuan Guru H.Zainuddin Arsyad seorang ulama yang terkenal zuhud  juga dari lombok timur beliau pendiri yayasan Maraqit Ta'limat. Dan banyak lagi murid-murid Syekh Nawawi  Al-Bantaniy ang menjadi ulama besar pada masanya.

Seluruh usia beliau di gunakan untuk belajar dan mengajar dan banyak mengarang kitab. Beliau sangat giat menulis banyak dari tulisa-tulisan beliau yang masi berupa manu skrip tersebar luas kemudian diterbitkan. Ada  sekitar 34 tulisan beliau yang masuk dalam Dictionary of Arabic Printed Books. Karya-karya beliau dari berbagai macam cabang Ilmu ada ratsusan jumlahnya.

Diantara kitab-kitab beliau yang terkenal adalah; kitab Tafsir Marah Labid, Atsimar Al-Yaniah fi Ar-Riyadah Al-Badiyah, Nurazh Sullam, Al-Futuhad Al-Madaniyah, Tafsir Al-Munir, Tangih Al-Qoul, Fath Majid, Sullam Munajah, Nihayah Zein, Salalim Al-Fudhala, Bidayah Al-Hidayah, Al-Ibriz Al-Daani, Bugyah Al-Awwam, Futuhus Samad, dan Al-Aqdu tsamin.

Hasil dari karya-karya beliau ini banyak diterbitkan di negara timur tengah dan kitab beliau juga banyak di ajarkan di madrasah-madrasah maupun di universitas.Kitab-kitab karangan beliau banyak tersebar di negara mesir dan karya beliau juga merupakan  salah satu sumber referensi di Universitaz Al-azhar Kairo Mesir.




Powered by Blogger.