Musim Umroh Tahun 2014

Kementerian haji Arab Saudi  menyatakan bahwa pada awal musim umroh tahun ini telah terjadi lonjakan kunjungan yang masuk ke Arab Saudi untuk melaksanakan ibadah umroh, demikian berita yang kami kutip dari Arabnews. Kedatangan peziarah dari berbagai negara untuk datang melaksanakan ibadah umroh peningkatannya pada awal musim ini  cukup signifikan yaitu sekitar 14%  di bandingkan dengan pada saat musim umroh tahun lalu. Jamaah umroh yang datang paling banyak dan menduduki rangking teratas adalah jamaah yang berasal dari negara Pakistan.

Mengungkap hal ini, Ali Al-Ghamdi pejabat dari kementerian haji Arab Saudi menyatakan, sekitar dua juta peziarah telah mendatangi Kota Madinah pada awal musim umroh saat ini. Setelah jamaah dari negara pakistan, jamaah umroh dari negara indonesia mendududki posisi nomer dua kemudian dikikuti jamaah umroh dari negara Republik Iran, India, Turki, dan negara -negara teluk lainnya ujar beliau.

Umroh 2014
Perjalanan Miqat Umroh Tan'im

Dari pihak kementerian haji pada saat ini terus menerus memantau fasilitas dan layanan yang di berikan kepada peziarah yang datang dari berbagai penjuru dunia yang datang beziarah kekota Madinah. Secara khusus kementerian haji Arab Saudi telah menginstruksikan kepada seluruh perusahan-perusahan/travel penyelenggara(baca mu'asasah) Ibadah umroh, untuk membuat peraturan/ketentuan khusus untuk jamaah lansia atau jamaah yang lemah secara pisik, agar mereka dapat melaksanakan ibadah umroh dengan merasakan kenyamanan selama mereka berada di tanah suci Makkah dan Madinah.

Untuk memastikan tingkat keselamatan, kementerian melakukan inspeksi di bidang transporstasi yang merupakan bagian yang vital dalam mendukung kelancaran bagi para peziarah selama mereka berada di tanah Haramain(baca dua tanah suci). Kementrian haji juga memeriksa fasilitas yang sediakan oleh  hotel-hotel yang ditempati para peziarah  yang berada di kota Jeddah,Makkah dan Madinah. Selain itu pihak yang berwenang dari kementerian haji di tugaskan untuk memantau atau mencegah perantara asing(baca calo) dalam berurusan di dua sektor yang penting tersebut.

Al-Ghamdi mengatakan bahwa, inspektur dari kementerian haji telah mengangkat 39 orang yang akan bertugas dalam bidang perumahan dan sektor transportasi yang khusus akan ditangani oleh warga negara Saudi sendiri.

Pada tahun yang lalu dari kementerian haji telah melakukan 1.498 pemeriksaan terhadap perumahaan ataupun hotel-hotel yang ditempati oleh para peziarah dan telah melakukan inspeksi mendadak sebanyak 552 kali, kata beliau.

Al-Ghamdi juga mengatakan telah menurunkan petugas dari kementerian haji untuk memeriksa standar keselamatan yang di gunakan oleh setiap perumahan ataupun hotel-hotel yang di tempati oleh para peziarah.

Sejauh ini pihaknya telah melakukan 372 pemeriksaan dan terdeteksi 152 pelanggaran yang menyalahi peraturan standar yang telah di tetapkan oleh pemerintahan kota Makkah

Beliau juga menambahkan kementerian wilayah Makkah pada tahun lalu telah memeriksa 9.009 unit perumahan dan hoetel-hotel  yang menampung sekitar 1,3juta jamaah haji.

Powered by Blogger.