Haji Dalam Geografi Islam


Haji dalam gografi islam merupakan perintah Allah SWT bagi seluruh kaum muslimin untuk melaksanakan dan menjalankan ibadah bagi yang mampu menunaikannya. Negara Arab Saudi merupakan Negara tujuan utama bagi seluruh kaum muslimin dari seluruh penjuru dunia. Kota Mekkah, Madinah serta kota yang lainnya adalah tempat dimana kita melakukan ibadah haji serta umrah.

Haji Dalam Geografi Islam

Berbagai macam suku bangsa bersatu dan berkumpul dalam pandangan yang sama di mata Allah SWT, tidak ada pembeda yang kaya, miskin serta para pejabat tinggi. Semuanya berkumpul dalam satu tempat dengan tujuan yang sama yakni menjadi haji yang mabrur dengan ijin keridhaan Allah SWT.

Perkumpulan ini menjadi saksi di akhirat nanti bahwa kita sebagai umat muslim sudah memenuhi panggilan Allah SWT, perkumpulan para jemaah ini tidak ada bandingnya di dalam sejarah umat manusia dari berbagai peradaban terdahulu maupun modern.

Berkaitan dengan besarnya kerinduan umat islam terhadap tanah suci,perhatian terhadap langkah tatacara berhaji pun banyak di temukan di media masa serta di muat di dalam buku-buku tertentu, hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan yang luas serta dapat membedakan dari beberapa periode sejarah.

Perjalanan ibadah haji mempunyai nilai khusus serta dianggap sebagai perjalanan yang paling berharga sepanjang hidupnya. Bermula dari melangkahkan kaki dari kampung halaman untuk bertekad menunaikan ibadah haji serta mulai menjalani hidup dalam suasana yang penuh keikhlasan karena Allah SWT, dan terbebas dari segala kesibukan duniawi.

Memenuhi panggilan Allah SWT penuh dengan segala perasaan emosi, kesadaran, hati, pikiran, jiwa raga serta mengorbankan harta merupakan sebuah pengorbanan yang harus ikhlas semata-mata ingin mencari keridhaan dari dzat Yang Maha Kuasa. Melalui perjalanan ini terlihat dengan jelas makna dari sikap kebersamaan diantara umat muslim satu dengan yang lainnya. 

Berbagai perasaan akan muncul dan salin berebut tempat di dalam jiwa seorang muslim, sehingga nilai spritualitas selalu ada dalam jiwa seorang yang sedang melaksanakan ibadah haji. Semua orang telah melaksanakan ibadah haji pasti akan selalu rindu terhadap pengalaman mereka selama berada di Tanah Suci. Banyak cara untuk mengobati rasa rindu tersebut diantaranya sejumlah geografi umat muslim berusaha membuat karya-karya ilmiahnya dengan memperkenalkan lokasi ibadah haji seperti beberapa bentuk peta, sketsa, atau tulisan dalam berbagai karya ilmiah.

Hal tersebut bertujuan untuk mengingat kembali perjalanan serta pengalaman mereka yang telah melaksanakan ibadah haji. Banyak cara untuk menjalankan ibadah kepada Allah SWT untuk itu mari kita sama-sama meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita terhadap Allah SWT khususnya bagi orang yang sudah melaksanakan ibadah haji di tanah suci, dan semoga menjadi haji yang di ridhoi Allah SWT. Amiin
Powered by Blogger.