Hati-Hati Dengan Umroh Murah

Dengan semakin panjangnya daftar tunggu haji menyebabkan sebagian orang untuk memilih pergi berumroh sebelum pergi mengerjakan rukun Islam yang kelima tersebut. Dan semakin membaiknya ekonomi masyarakat sehingga kesadaran untuk membelanjakan hartanya di jalan Allah semakin meningkat.

"Umur dah tua nunggu 12 tahun lagi keburu mati, "umroh dulu aja mas mumpung ada rezki disisihkan buat umroh. Semakin tahun daftar tunggupun semakin panjang. Beberapa alasan yang menyebabkan  orang untuk memilih pergi berumroh terlebih dahulu memang benar adanya. Pergi berumroh  sudah menjadi tren sekarang ini, sampai tren melabelkan umroh dengan wisata qolbu.

Umroh Murah banyak Tipu

Tingginya animo masyrakat untuk melaksanakan ibadah umroh membuka peluang berdirinya biro-biro perjalanan umroh dan haji. Dalam empat  tahun terakhir ini travel-travel umroh bagaikan cendawan tumbuh di musim hujan. Semakin banyak travel semakin beragam pula paket yang di tawarkan dan beragam pula cara untuk merekrut calon jamaah. Dan mereka juga gencar beriklan di media masa dengan menawarkan paket fasilitas umroh dan ada pula yang mengiming-imingkan paket umroh dengan harga di bawah 15 juta. Bahkan di sekitarn kota Bandung ada travel abal-abal yang berani menawarkan paket kitaran 13 juta ini tulisan yang tertera di sepanduk yang dipasang di pinngir jalan.("yang bener aja lo mas")

Logikanya di mana ya?, saat ini mereka berani pasang paket biaya umroh dengan harga 15 juta sedangkan biaya umroh  di hitung dalam nilai mata uang dolar, kecuali ada yang mensponsori dan mencover biaya selama ada  di Makkah dan Madinah. Umroh murah yang tidak sesuai dengan standar perlu di pertimbangkan dengan alasan-alasan sbb:

1. Perhitungan harga PP tiket pesawat yang mahal dan yang paling murah:
a. Garuda/ Saudia airline kisaran 1.400 USD/ X Rp 12.600 = 17.640.000 * (harga dolar terhitung sejak januari 2014)
b. Yang paling murah pesawat milik maskapai India, Jt Air India dengan dua kali transit di Bankok dan di Bombay 1.000 USD/ X Rp.12.600 = 12.600.000 *

2. Perhitungan pembuatan visa umroh antara 1,5-1,8 juta.
3. Sewa hotel **2 per hari yang paling murah 100 USD X 7 hari=700Usd/8.120.000
4. Makan 3 x sehari minimal 15 USD x 9 hari
5. Sewa 300.000 x7hari
6. Airpotex 1000.000 (standar baku semua teravel)

*( harga tiket pesawat bisa di cek secara online di www.garuda.com)

Dari harga -harga yang dipaparkan di atas untuk tiket pesawat saja di bandingkan dengan harga yang di tawarkan travel abal-abal tersebut tidak masuk dalam hitungan bisnis.

Orang tergiur dengan harga murah karena ketidak tahuan mereka tentang biaya sebenarnya dalam penyelenggaraan ibadah umroh.

Apakah ada orang yang pernah berangkat dengan harga murah tersebut? Jawabannya tentu ada (dari pengalaman penulis dan bertanya kepada beberapa jamaah yang penulis bimbing selama di Makkah dan madinah). Kenapa bisa? Uang yang mereka setorkan dengan sejumlah harga yang di tawarkan travel tersebut dengan perjanjian berangkat setahun kemudian, mungkin uang jamaah tadi diinvestasikan terlebih dulu (di FOREX atau bursa saham). Kalau untung bermain di Forek jamaah bisa berangkat dan kalau tidak maka banyak berita jamaah umroh yang gagal berangkat dan terlantar. Dan cara yang kedua mereka lakukan adalah dengan mempergilirkan jamaah berangkat dengan sistim tambal sulam dan kemudian sebagian uang jamaah dipakai untuk berinvestasi. Dan dari cerita jamaah tadi ada diantara rekannya berbarengan mendaftar tapi tidak mereka berangkatkan.

Travel-travel yang tidak bertanggung jawab seperti in biasanya menitipkan jamaahnya kepada travel lain ("pengalaman penulis). Dan di Makkah dan Madinah mereka juga bikin masalah dengan tidak membayar jasa Mutawif/pembimbing ("yang di alami penulis pernah tidak di bayar.") bahkan sampai berhutang di jasa catering yang menyediakan makanan untuk jamaah.

Jika hendak berangkat umroh atau berhaji berhati-hatilah dalam memlih travel. Pilih travel yang sudah berpengalaman dan mempunyai jaringan yang kuat di Makkah dan di Madinah. Jangan tergiur dengan iming-iming harga murah walapun ada satu dua yang pernah diberangkatkan oleh travel tersebut, bisa jadi yang mendaftar belakangan dapat naasnya. Selidiki dulu dan tanyalah kepada orang yang lebih berpengalaman. Jika anda ingin berangkat umroh dengan Rumah Allah, silakan hubungi kami di 081223696156
Powered by Blogger.