Kawasan Hijaz


Kawasan Hijaz merupakan unsur deretan dari pegunungan-pegunungan yang tinggi dari sebelah selatan Yaman yang memanjang ke arah utara hampir dekat dengan perbatasan kota Syam. Asal usul dengan dinamakan wilayah Hijaz ini karena menjadi jalur pemisah antara kawasan Tihamah dan Ghaur. Istilah Hijaz juga terkenal dengan wilayah yang terdiri dari beberapa deretan pegunungan, seperti kota Madinah dan Mekkah.

kawasan Hijaz

Beberapa kota yang termasuk dalam kawasan Hijaz kini diantaranya sejajar dengan kawasan laut merah, letak sebelah selatan hijaz ini terdapat kota al-Qufudzah, Thaif, Jeddah serta kota Madinah yang menjadi sentral kunjungan umat muslim di seluruh penjuru dunia.

Berdasarkan letak geografis, kawasan Hijaz ini terbagi menjadi dua bagian, pertama Hijaz Madinah, Hijaz ini merupakan Hirar, yakni suatu garis yang membentuk gugusan batu-batu hitam yang memanjang ke arah selatan dalam rangkaian yang tersusun. Yang kedua yakni Hijaz Aswad, dengan dinamakan aswad tersebut dikarenakan daerah tersebut telah dikelilingi oleh pegunungan Sarah Syanau’ah, pegunungan ini merupakan pegunungan yang terbesar di negara arab Saudi.

Arti kandungan dari nama pegunungan Sarah yakni pucak sesuatu, seperti halnya sama dengan sebutan punggung seekor Unta. Wilayah ini telah membentang dari pegunungan Tatlis dari sebelah selatan sampai ke kawasan Thaif yang terletak di sebelah utara.

Dilihat dari atas permukaan laut, ketinggian tanah kawasan Hijaz tersebut mencapai 1500 sampai 2000 m dari dataran rendah, serta 2000 sampai 3000 m dataran tingginya. Hijaz pada saat ini merupakan wilayah yang berada di sebelah barat negara Arab Saudi.

Kota utama yang telah disebutkan di atas seperti Jeddah, Mekkah, serta Madinah adalah kota yang biasa di jadikan tujuan umat muslim dari Nusantara maupun negara luar sebagai tempat untuk memenuhi salah satu panggilan Allah yakni melaksanakan Rukun islam yang ke lima. Di kota Jeddah tedapat beberapa tempat yang biasanya diziarahi oleh para jemaah haji mauapun umrah, seperti Masjid Qishos, makam Siti Hawa, Laut merah dan Masjid terapung, serta di kota Mekkah juga sebagai pusat tujuan jemaah yakni mengunjungi makam Rasulullah SAW, makam Abu Bakar Shidiq, Baqi al-Gharqad, dan Jabal Uhud.


Powered by Blogger.