Kereta Ekspres Muqaddas


Kereta ekspres jalur kota Mekah menuju Masyair Muqaddas telah direncanakan akan di uji coba pada musim panas tahun 1431 Hijriah yang lalu. Tahap kedua bangunan kereta ekspres ini telah di selesaikan secara menyeluruh, dalam pembangunan pertamanya telah di dirikan tiang-tiang penyangga rel kereta secara dua arah, serta masing-masing penyangga tersebut mempunyai panjang sekitar 18 km.

Kereta Ekspres Muqaddas

Tahap kedua pemerintah Kerajaan Arab Saudi menyelesaikan pemasangan rel kereta yang akan di lalui oleh kereta jalur Mekah menuju Masyair Muqaddas atupun sebaliknya. Untuk uji coba pemerintah kerajaan telah membangun tiga stasiun di tiga titik utama yakni di Arafah, Muzdalifah dan kawasan Mina.

Keistimewaaan kereta ini adalah kecepatan daya tempuh yang sangat cepat serta berdiri di atas jembatan layang sehingga tidak mengganggu arus lalu lintas yang ada di jalan raya. Kereta ini termasuk kereta yang mudah di jangkau karena letak stasiunnya berada di tempat-tempat yang strategis serta banyak di laului oelh para pejalan kaki masyrakat sekitarnya. Selain itu kereta ekspres ini di lengkapi dengan beberapa fasilitas yang memanjakan calon penumpangnya yakni jalan akses menuju stasiun telah di pasang jalan beratap sehingga terlindung dari panasnya terik matahari maupun guyuran hujan.

Dengan adanya keta ini pemerintah Kerajaan Arab Saudi berharap supaya kendaraan roda empat yang beroperasi di jalan raya yang biasanya membawa jemaah haji maupun umrah dari Mekah menuju Masyair Muqaddas dapat berkurang hingga tiga puluh persen sehingga pada akhirnya tidak menghambat kegiatan pelaksanaan ibadah haji maupun umrah. Khususnya dalam segi waktu di perjalanan para jemaah dapat melakukan perjalanan yang sangat cepat dengan cara menggunakan kereta ekspres tersebut.

Dalam hitungan jam kereta ini dapat mengangkut sebanyak tujuh puluh ribu penumpang dengan kecepatannya yang berkisar 50-70 km perjam. Denga kecepatan tersebut kawasan Mina, Muzdalifah dan Arafah bisa di tempuh dalam waktu tujuh menit. Jumlah aramada tersebutpun sudah mencukupi untuk persiapan musim haji tiap tahunnya sehinnga kereta akan datang setiap dua menit sekali yang bisa menampun dalam satu kali pemberangkatan sebanyak tujuh puluh ribu penumpang.

Untuk pengadaan sarana ini pemerintah Kerajaan Arab Saudi sudah mengeeluarkan dana sebesar 6,5 miliar riyal. Pada musim haji tahun 1431 Hijriah yang lalu proyek pembangunan kereta ini baru di selesaikan 30%. Proses pengerjaan tersebut di lanjutkan pada tahun berikutnya sehingga kereta ini akan bisa di gunakan secara efektif pada tahun 1433 Hijriah. Semua sarana dan prasarana yang di bangun oleh kerajaan Arab Saudi tiada lain bermaksud untuk melayani para tamu Allah SWT yang hendak melaksanakan ibadah haji maupun umrah yang datang dari berbagai penjuru dunia.



Powered by Blogger.