Lembah Mina


Lembah Mina merupakan sebuah lembah yang berada di sebelah timur kota Mekah, tempat ini biasanya di kunjungi oleh para jemaah haji untuk melaksanakan lempar jumroh. Mina juga dikenal dengan kota tenda, dinamakan demikian karena daerah tersebut terdiri dari jutaan tenda-tenda . Biasanya para jemaah haji datang ke tempat ini bertepatan dengan tanggal 8 Dzulhijjah sebelum melaksanakan wukuf di Padang Arafah. Para jemaah haji berdiam di Mina hanya satu hari satu malam saja dan hanya bisa melaksanakan shalat subuh, dzuhur, ashar, maghrib, dan isya. Setelah itu kembali lagi ke padang Arafah untuk melaksanakan wukuf.

Lembah Mina

Ada tiga tempat untuk melaksanakan lempar jumrah diantaranya Jumrah aqabah, Jumrah Wusta, dan Jumrah Ula. Di lembah mina para jemaah haji wajib melaksanakan mabit yakni bermalam pada tanggal 11 dan 12 Dzulhijjah. Al-Baladi menyebutkan di dalam buku karangannya bahwa Mina merupakan salah satu tempat suci yang berjarak paling dekat dengan kota Mekah, Di tempat ini juga terdapat tempat peninggalan sejarah seperti tiga jumrah, masjid al-Khaif, serta masjid al-Kabsy.

Sebagian orang akan berhenti apabila para jemaah telah tiba disana, Yunus Ibnu al-Arabi mengatakan “Orang-orang yang datang ke Mina Allah akan menjadikan sesuatu yang diinginkan akan mengabulkannya, Mina juga sebagai dua jalan diantara bukit yang di hubungkan dengan beberapa lorong . Disana terdapat masjid yang terletak di sebelah kanan serta masji al-kabsyi berada di dekat aqabah. Di lembah ini juga terdapat beberapa industry serta pertokoan guna memudahkan kebutuhan dari segi konsumsi dan kebutuhan para jemaah haji.

Lokasi pelemparan Jumrah merupakan kebiasaan yang mengikuti kepada jejak nabi Ibrahim as, oelh karena itu Ibnu Abbas meriwayatkan yang disampaikan al-Baihaqi mengatakan “ Syetan yang kalian lempari, dan agama bapak Ibrahim. Karena pelemparan jumrah merupakan suatu symbol atau isyarat tentang permusuhan dengan syetan yang sesuai dengan perintah Allah SWT dalam firmannya “ Sungguh syetan itu musuh bagi kalian makaperlakukanlah dia sebagai musuh “. (QS. Fathir 35:6).

Perbatasan lembah Mina bermula dari batas pemberhentian Aqabah sampai Wadi Muhassir, pada perbatasan kawasan Muzdalifah berawal dari Wadi Muhassir hingga ke perbatasan Tanah Haram. Dan posisi Arafah berada di luar kawasan Tanah Haram.
Powered by Blogger.