Letak Geografis Kota Mekah


Letak Geografis kota Mekah berada di bagian Barat Kerajaan Arab Saudi, sebelah utaranya terdapat kota Madinah al-Munawarah dan sebelah timurnya terletak kota Najed serta Riyadh. Kota ini memilki struktur geologi yang sulit yakni kota Mekah al- Mukarramah berada pada ketinggian kurang lebih 300 meter dari atas permukaan laut.

Letak Geografis Kota Mekah

Mekah Al-Mukarramah merupakan kota yang terpadat penduduknya dari ketiga daerah Kerajaan Arab Saudi, berdasarkan hasil sensus penduduk mencapai satu juta lebih serta luas pemukiman kota ini mencapai 6,5 hektar.

Kawasan Jeddah di jadikan sebagai akses pintu utama baik dari jalur darat, udara maupun laut bagi oranng-orang yang ingin melaksanakan ibadah haji maupun umrah serta berbagai kepentingan lainnya dari negara lain, seperti perdagangan antar industri dan kepentingan administratif.

Bagi orang yang hendak pergi ke kota Mekkah, jalan utamanya yakni melalui kota Jeddah sepanjang 75 km. Kota Thaif merupakan batas akhir kota Mekah yang terletak di pegunungan Hijaz, sementara di sebelah utara di batasi dengan kota Madinah dengan jarak tempuh sepanjang 430 km dari Madinah menuju kota Mekah tersebut.

Dari tahun ketahun kota Mekah ini mengalami banyak perubahan diantaranya dari segi Insfratruktur di bangun jalan-jalan alternatif serta rel kereta api yang memudahkan para pengguna khususnya para jemaah untuk menghemat waktu dalam berziarah. Gedung-gedung pencakar langit telah banyak berdiri pada saat ini serta tempat perbelanjaan yang modern, hal tersebut disesuaikan dengan banyaknya orang yang berkunjung guna melaksanakan ibadah haji dan berbagai kepentingan yang lainnya. Maka kerajaan Arab Saudi meningkatkan insfratukutur serta prasarana para jemaah yang berkunjung ke kota Mekah.

Dari segi geologis, kota ini terletak didalam formasi perisai negaranya yakni pegunungan yang membentuk batauan kuno serta mengelilingi kawasan kota Mekah tersebut. Sebagian kota ini dikelilingi lembah atau dalam istilah bahasa arab biasa disebut Wadi. Lembah ini mengikuti sesuai belahan yang terjadi pada pegunungan yang mengelilingi kota mekah al-Mukarramah.

Kota Mekah ini mempunyai dua iklim yang sudah menentu yaitu musim panas dan musim dingin, saat terjdi musim panas, suhunyan bisa mencapai 31 dearajat celcius, sedangkan pada musim dingin suhunya mencapai 18 derajat celcius, tingkat suhu tesebut akan berbeda dari tahun ke tahunnya. Selain dua iklim yang sudah menentu terkadang di kota Mekah ini turun hujan gurun, hujan tersebut tidak bisa menentu waktunya karena hujan tersebut bersifat sementara waktu.





Powered by Blogger.