Masyair Muqaddas

Masyair Muquddas ialah tempat-tempat yang suci seperti kawasan Mina, Muzdalifah, dan Arafah. Para jemaah haji datang dari berbagai penjuru dunia yang bertemu di beberapa tempat suci tersebut. Meraih berbagai hikmah yang sempurna serta keagungan dari Allah SWT, diantaranya nilai persatuan dan kesamaan Allah SWT dan berfirman” Serulah manusia untuk mengerjaakan Haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki, atau mengendarai setiap unta yang kurus, mereka akan datang dari segenap penjuru yang jauh”. (QS,al-Hajj 22:27).

Orang yang melaksanakan haji ataupun berihram karena niat menjalankan rukun islam, mempunyai berbagai keinginan seperti melihat tempat yang suci, berthawaf di Baitullah serta mengunjungi bukit Shafa dan Marwa. Tempat yang suci merupakan tempat yang tepat untuk mndekatkan diri kepada dzat Yangg Maha Kuasa dengan memperbanyak dzikir, bertalbiyah, bertakbir dan memanjatkan do’a masing-masing keinginannya, semata-mata mencari ridho Allah SWT.

Masyair Muqaddas

Apabila segala amalan dilakukan dengan niat setulus hati dengan cara yang khusu serta dalam keadaan rendah diri dan ketundukan kepada Allah SWT maka akan menghasilkan pengaruh sepanjang hidupnya dan bisa tercermin dalam nikmatnya beribadah di tanah yang suci.

Di berbagai tempat suci yang berada di tanah Arab Saudi ini memberikan gambaran bahwa setiap suku bangsa maupun ras umat muslim semuanya sama di mata Allah SWT, baik dari kulit putih maupun hitam semunya akan sama. Sebab syariat ihram mengharuskan semua orang yang melaksanakan haji maupun umrah untuk mengenakan seluruh pakaian yang bisa digunakan digantikan dengan kain berwarna putih, pakaian yang tidak dicampuri dengan jahitan yang serupa dengan kain kafan.

Tempat-tempat yang selalu didambakanoleh setiap umat muslim dan yang pantas adalah sebagian kota Mekkah al-Mukaramah dan beberapa Masyaril Muqaddas. Tempat tersebut telah diberikan rahmat keberkahan, kemuliaan, serta di jadikan tempat yang utama oleh Allah SWT. Kepentingan besar mengenai lokasi temat suci tersebut, dari sudut sejarah umat manusia secara umum karena Mekkah merupakan tempat bagian yang besar sejarah umat manusia yang mayoritasnya berkaitan dengan ka’bah. Karena itulah sepantasnya bagi setiap umat muslim untuk mengetahui tentang ketentuan haji dan umrah dan begitu juga dalam hal beribadah.

Semua jemaah yang berada di tanah suci atau Masyair Muqaddas akan bersama-sama mengumandangkan talbiyah dengan suatu semangat memenuhi panggilan Allah SWT, mengagungkan syiarnya serta tidak ada bedanya antara pemimpin dan yang dipimpin, antara memerinatah dan yang diperintah, antara kulit putih dan hitaam terkecuali dengan ketaqwaan mereka yang menjalankan ibadah haji ataupun umrah dengan penuh kekhusyuan dan meminta ampunan kepada Allah SWT.



Powered by Blogger.