Muhafazhah al-Ula


Muhafazhah al-Ula merupakan salah satu kota yang terletak di Kerajaan Arab Saudi, tepatnya di bagian barat Jazirah Arab dan sudah termasuk kedalam kawasan kota Madinah al-Munawarrah. Jarak Muhafazhah dengan kota Madinah ini sekitar tiga ratus kilometer yang posisinya berada di sebelah utara kota Madinah.

Perbatasan al-Ula di sebelah bagian barat diapit oleh pegunungan yang tinggi, sementara di sebelah selatan terdapat bentangan Wadi al-Qura, serta jalan menuju al-Ula merupakan slah satu cabang jalan alternatif dari Tabuk setelah melewati desa Maililih. Pedesaan tersebut di bagian utara kota Madinah al-Munawarrah,serta sekitar enampuluh kilometer menuju desa Sajwa kea rah baratnya berbatasan dengan rel kereta api Hijaz lama.

Muhafazhah al-Ula

Sementara itu di sebalah utara al-Ula terdapat beberapa sisa peninggalan sejarah al-Hijr, yang mana dikenal dengan Madain Shalih. Kota merupakan kota budaya yang unik, kenapa di katakana unik? Karena yang terkenal dari desa mereka adalah pekuburan yang menggunakan susunan dari bebatuan.

Umat islam di tempat sekitarnya meyakini bahwa sebagai tempat kebinasaan kaum Tsamud yang di sebutkan al-Qur’an dan hadist Nabi Muhammad SAW.

Kawasan al-hijr ini dipenuhi dengan pagar-pagar kawat, ia sering di kunjungi para peniliti yang datang dari berbagai penjuru dunia untuk mencari bahan informasi dan peninggalan sejarah yang terkandung di dalam kawasan tersebut. Didekat lokasi tersebut juga terdapat stasiun tua yang bernama Hijaz, yang masa lalunya pernah dibangun oleh para Sultan Utsmaniyah. Al-Ula juga sampai saat ini terkenal dengan pegunungan yang unik dan indah di liat dari pemandangan yang jauh, serta mempunyai cuaca yang stabil. Oleh karena itu al-ula berada dalam ketinggian kurang lebih dari tujuh ratus meter di atas permukaan laut.

Meskipun negara Arab Saudi terkenal dengan negeri yang gersang serta di penuhi hamparan padang pasir, namun masih banyak suatu keindahan dan kenikmatan alam yang perlu kita ketahui dan patut di syukuri bahwa di balik kesulitan pasti ada jalan kemudahan yang Allah SWT berikan. Pegunungan di kawasan Al-Ula merupakan salah satu bukti bahwa Allah SWT selalu memberikan rahmat dan kearifan kepada setiap umatnya yang bertaqwa dan pandai bersyukur atas kenikmatan dan kebahagiaan yang telah di rasakan oleh setiap umatnya.



Powered by Blogger.