Penyebaran Agama Islam di Dunia


Penyebaran agama islam di berbagai belahan dunia telah berhasil dilakukan sejak jaman para nabi serta sampai nabi yang terakhir yakni Rasululllaah SAW, sebagaimana Allah SWT berfirman dalam al-Qur'an “Mereka hendak memadamkan cahaya agama Allah SWT dengan mulut (ucapan-ucapan) mereka, tetapi Allah menolaknya, malah berkehendak menyempurnakan cahayanya, walaupun orang-orang kafir itu tidak menyukai. Dialah yang telah mengutus Rasul-Nya dengan petunjuk Al-Qur’an dan agama yang benar untuk diunggulkan atas segala agama, walaupun orang-orang musyrik tidk menyukai.” (QS. At-Taubah 9: 32-33).

Penyebaran Agama Islam di Dunia

Tersebarnya agama islam di berbagai belahan dunia telah menyatukan bermacam-macam ras, suku bangsa serta suatu Negara dalam satu wadah ukhwah islamiyah serta mempunyai sejarah yang sangat terasa manfaatnya sampai saat ini, yakni kenikmatan rasa beriman kita kepada Allah SWT.

Agama islam telah berhasil mempererat hubungan yang telah ada sebelumnya, mengatur kehidupan sesuai aturan al-qur’an dan hadist serta mengikuti apa-apa yang telah di perbuat oleh Rasulullah SAW. Dari peradaban agam islam telah berhasil melahirkan berbagai macam bahasa, ilmu, dan sastra arab yang menjadi mahkota yang menghiasi kepala setiap ilmuwan yang lahir dari umatt islam tersebut.

Setiap orang yang menuntut ilmu tentang agama islam dan mampu mengamalkannya termasuk salah satu jihad di jalan Allah SWT, agama islam hingga saat ini sudah tersebar luas dari Asia Timur sampai Asia Tenggara melalui peranan para pedagang yang melancong dari suatu Negara ke negara lain, serta para tokoh agama yang menjadikan dakwahnya sebagi pembawa agama yang benar. Sampai saat ini agama islam terus tersebar luas sampai menempati wilayah yang membentang dari samudra atlantik sampai samudra pasifik, dari laut hitam sampai laut arab, dari laut tengah hingga samudra Hindia. Bahkan sebagiaan islam telah menyebar ke Negara Eropa bagian barat, dan wilayah timur, yang menjadi paangkalan lautnya pada masa Umayah adalah Syam serta pada masa Utsmaniyah adalah wilayah Anatolia.

Dari kedua pangkaalan tersebut telah berhasil menambah penyebaran islam hingga melalui bagian Negara Oman, afrika, Yaman dan ke Negara Hindia Timur. Sementara yang menjadi pusat penyebaran islam pada masa itu yakni agama yang di bawa oleh bangsa arab yang menguasai jantung Benua Asia dan Afrika.

Khalafaur Rasyidin dalam agama islam terbagi menjadi empat bagian, yakni pada khaifah Abu Bakar Shidiq, Khalifah Umar bin Khattab, Utsman bin Affan dan Khalifah masa Ali bin Abi Thalib. Yang masa periode kepemimpinannya berawal dari tahun 11 Hijriah hingga tahun ke 40 Hijrah. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda “Hendaklah kalian berpegang pada sunahku daan sunah Khalafaur Rasyidin yang mendapat petunjuk sesudahku. Berpegang teguh padanya dan gigitlah dengan gigi geraham kalian. Juahilah perkara bid’ah karena setiap bid’ah adalah kesesatan." (HR. Abu Dawud).






Powered by Blogger.