Jamaah Diatas Umur 60 Tahun Dilarang Umroh

Penyebaran MERS Cov di Arab Saudi sudah menjadi sangat serius, sampai dengan berita ini diturunkan Pemerintah Arab Saudi sedang melakukan upaya upaya untuk mencegah penyebaran virus dan karantina virus agar tidak menyebar lebih jauh dan lebih banyak. Penderita yang meninggal sudah mencapai di angka 179 orang.

Keadaan kritis dari penyebaran virus sangat merisaukan banyak negara di seluruh dunia, dan berbagai upaya masing masing negara untuk mencegah terjangkitnya virus telah dilakukan, salah satunya adalah dengan mencegah jamaah sepuh diatas 60 tahun untuk melakukan ibadah umroh untuk sementara waktu. Hal ini dilakukan berkaitan dengan kondisi jamaah dan daya tahan tubuh jamaah, dimana usia 60 tahun ke atas setiap jamaah sudah memiliki daya tahan tubuh yang berbeda dibanding dengan jamaah umur muda.

Jamaah Diatas Umur 60 Tahun Dilarang Umroh

Keadaan yang sangat mencemaskan ini, dijelaskan juga oleh lembaga kesehatan dunia WHO yang menyatakan bahwa penyebaran penyakit virus MERS CoV sudah semakin serius dan saat ini status perjalanan ke arab saudi sudah di level "Travel Advise"

Di lain pihak, Anghgito Abimanyu selaku Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU)sudah mengeluarkan himbauan untuk melarang memberangkatkan jamaah sepuh diatas 65 tahun terkait makin merebaknya penyakit Middle Eas Respitatory Syndrome-Corona Virus (MERS-Cov). Selain jamaah sepuh ada juga orang  yang dilarang berangkat umroh terkait keadaan ini.

Data Calon Jamaah yang dilarang Untuk Berangkat Umroh Terkait MERS CoV
  1. Jamaah Sepuh diatas usia 60 tahun keatas
  2. Ibu Hamil
  3. Ibu Menyusui
  4. Balita dan Anak di bawah usia 12 tahun
  5. Jamaah RISTI (Resiko Tinggi)
Himbauan larangan ini diberlakukan untuk mencegah virus MERS CoV menyebar ke tanah air.
Selain itu, setiap travel perjalanan hendaknya menjelaskan keadaan penyebaran MERS coV kepada calon jamaah umroh, dan khusus jamaah yang memiliki usia sepuh atau jamaah yang masuk 5 kategori diatas, selayaknya dijelaskan secara khusus terkait himbauan ini.
Powered by Blogger.