Penggunaan Bahasa Inggris di Tanah Suci

Penggunaan bahasa inggris di tanah suci saat menjalankan ibadah haji atau umroh sangat bermanfaat. Meskipun semua orang tahu bahwa bahasa Arab sangat kental dan sangat umum dipakai di negeri Arab ini, namun tidak semua orang bisa berkomunikasi dan mengerti bahasa arab. Untuk mempermudah komunikasi dengan negara lain, bisa menggunakan bahasa pemersatu yaitu bahasa Inggris. Namun sama saja tidak semua orang bisa berbahasa inggris. Tapi bahasa ini cukup ampuh untuk digunakan sebagai bahasa komunikasi di tanah suci.

Seperti halnya di Indonesia, masyarakat arab banyak yang bisa menggunakan bahasa Inggris seperti dokter, perawat, dan service center operator telepon, termasuk beberapa pedagang yang datang dari belahan dunia mengerti bahasa Inggris, karena di negaranya bahasa Inggris menjadi bahasa kedua setelah bahasa resmi di Negara tersebut seperti pedagang yang berasal dari india, Pakistan dan Bangladesh. Hal ini tidak aneh karena di Negara tersebut hampir sebagian besar penduduknya mengerti bahasa Inggris.

Meski penggunaan bahasa inggris sangat terbatas di negeri arab, bahasa inggris menjadi cara ampuh untuk melakukan negosiasi saat melakukan transaksi pembelian. Pedagang disana sama halnya dengan orang Indonesia yang segan jika berhadapan dengan orang asing terutama dengan bangsa Eropa atau bangsa barat lainnya yang menggunakan bahasa inggris. Penggunaan bahasa inggris hanya sekedar satu kata yang sering digunakan seperti kata “yes” atau “no”.

Penggunaan Bahasa Inggris di Tanah Suci

Bangsa Arab masih terpengaruh dengan kekuatan yang dimiliki oleh Amerika. Segala hal yang berhubungan dengan Negara ini sangat mereka banggakan, seperti dalam hal penggunaan teknologi atau transportasi yang digunakan di negeri arab hampir banyak ditemui produk yang berasal dari Amerika. Sehingga jika menggunakan bahasa inggris sedikit saja dalam melakukan komunikasi, ini sangat bermanfaat dan membuat para pedagang tunduk.

Seperti apapun bahasa inggris yang dikuasasi tentu akan sangat bermanfaat saat melakukan ibadah haji atau umroh di tanah suci. Kebanyakan orang Indonesia sudah menjadi tradisi untuk membeli barang,aksesoris atau makanan untuk dijadikan oleh-oleh ke Negara asal. Rasa ingin membeli sangat tinggi dan diperlukan komunikasi yang baik untuk bisa mendapatkan apa yang diinginkan.

Penggunaan bahasa Inggris tidak hanya bisa digunakan untuk melakukan negosiasi saja, bahasa inggris bisa digunakan saat dalam keadaan darurat atau disaat terdapat unek-unek terhadap pedagang arab. Sesulit apapun melakukan komunikasi, saat mengeluarkan bahasa inggris pihak orang arab akan tunduk dan mengalah atas apa yang di kehendaki. Namun tentu saja penggunaan bahasa inggris ini untuk menjaga komunikasi dengan baik bukan untuk disalahgunakan. Bahkan seorang yang sangat faham akan bahasa arab akan kalah dibandingkan dengan orang yang bisa menggunakan bahasa inggris.
Powered by Blogger.