Biaya Ongkos Ibadah Haji 2014 Turun

Biaya ongkos naik haji diturunkan sebesar 8,2% dari tahun sebelumnya. Kabar ini merupakan kabar yang banyak ditunggu tunggu oleh setiap calon tamu Allah yang akan berangkat berhaji tahun 2014. Penurunan ini selain dalam rangka pembenahan Kemenetrian Agama Republik Indonesia, juga sebagai upaya pelayanan ke arah yang lebih baik dalam rangka melayani para calon tamu Allah dari Indonesia.
Biaya Ongkos Haji Turun 8,2%

Penurunan ongkos haji ini diharapkan tidak menurunkan fasilitas dan pelayanan haji dari tahun 2013 haji kemarin yang sudah dianggap baik oleh penulis sendiri. Pelayanan haji tahun 2013 adalah merupakan pelayanan haji yang dianggap baik jika dibanding dengan tahun tahun ke belakang, walaupun beberapa pihak penyatakan bahwa hal tersebut belumlah sesuai dengan harapan.

Perlu diketahui oleh setiap orang, bahwa biaya haji akan sangat ditentukan oleh beberpa hal berikut ini


Ongkos Pesawat PP
Ongkos pesawat adalah merupakan faktor awal yang menentukan besaran biaya haji. Gambaran ongkos pesawat ke Jeddah atau ke Madinah bisa anda lihat sendiri di website Garuda Indonesia ataupun Saudi Arabian Airlines, sebagai maskapai resmi jamaah haji Indonesia.

Jarak Pemondokan
Pemondokan di tanah suci tahun 2013, sudah dianggap baik, karena jarak yang begitu dekat dengan Masjidil Haram. Jarak terjauh tahun kemarin adalah sekitar 2 KM dihitung dari pelataran Masjidil Haram, berbeda jauh dari tahun tahun sebelumnya yang mencapai jarak 4 Km dari pelataran Haram dan bahkan ada yang mencapai 6 km bahkan lebih.

Jarak pemondokan akan sangat menentukan sekali harga yang dikeluarkan oleh seorang jamaah haji dari suatu negara, semakin dekat pemondokan haji ke Masjidil Haram maka harganya akan semakin mahal - dan semakin Jauh akan semakin murah. Dengan penurunan ongkos haji ini semoga saja tidak membuat pemondokan menjadi lebih jauh dari tahun kemarin.

Transportasi Madinah - Mekkah / Mekkah - Madinah
Transportasi bus AC yang digunakan jamaah di tanah suci akan menentukan juga besaran biaya yang dikeluarkan saat berhaji. Pemerintah Indonesia tentunya harus menyediakan banyak bus untuk mengangkut jutaan Jamaah haji Indonesia yang notabene sebagai jamaah haji terbanyak di dunia. Perlu diketahui, Harga transportasi saat musim haji adalah "Jauh Lebih Mahal dibanding saat tidak musim haji"

Biaya transportasi yang sangat mempengaruhi lainnya adalah transportasi Makkah - Arafah, saat akan wukuf di arafah. Ongkos transportasi yang belum dihitung diantaranya adalah transportasi untuk melakukan ziarah.

Tenda Haji
Jangan disangka tenda yang ditempati saat anda di Arafah atau mina adalah gratis, karena semua itu adalah berbayar. Biaya sewa tenda di arafah dan Mina adalah sangat bervariasi tergantung fasilitas dari dalam tenda itu sendiri yang meliputi karpet, AC dan perlengkapan lainnya.
Sewa tenda bisa mencapai ribuan riyals untuk beberapa hari saja saat jamaah ada di Mina atau Arafah

Biaya biaya diatas adalah merupakan biaya yang dikeluarkan secara garis besar untuk melayani Tamu Allah saat berhaji. Biaya tersebut akan jauh lebih mahal disaat fasilitas yang diberikan meningkat. Jangan berharap mendapatkan fasilitas yang maksimal jika ingin selalu murah.

Penurunan ongkos BPIH yang dituangkan dalam Keputusan Presiden tersebut semoga saja sejalan dengan keinginan pemerintah untuk melayani jamaah haji ke arah yang lebih baik dan bukan malah memberikan pelayanan yang semakin buruk dan ditambah jarak pemondokan haji yang semakin jauh dan dengan kondisi yang menghawatirkan....semoga saja !!!

Menurut Agung Laksono selaku Menteri Agama ad interim, Keppres tentang BPIH akan diikuti dengan Keputusan Turunan, misalnya saja tentang Batas Waktu Pelunasan Haji.
Powered by Blogger.