Nama Lain Kota Mekah

Nama lain kota Mekah sudah tersurat dalam kitab suci Al-Qur’an yang merupakan firman Allah SWT dan hadits shahih. Nama-nama tersebut adalah nama-nama yang baik dan tidak digunakan untuk kota manapun selain kota Mekah. Pemberian nama ini sudah menjadi ketentuan dan keistimewaan dari Mekah Al-Mukaromah. Beberapa nama tersebut adalah

Mekah

Nama ini sudah terkenal, dan untuk setiap jamaah haji atau umroh yang datang bisa mengenal dengan baik nama kota ini. Karena disinilah tempat beribadah dan bisa menemukan baitullah, berhadapan langsung dengan ka’bah sebagai kiblat umat muslim. Pemberian nama Mekah sesuai dengan firman Allah dalam Al-Qur’an Surah Al-Fath ayat yang artinya: “Dan Dialah yang menahan tangan mereka dari (membinasakan) kamu dan (menahan) tangan kamu dari (membinasakan) mereka di tengah kota Mekah sesudah Allah memenangan kamu atas mereka, dan adalah Allah Maha melihat apa yang kamu kerjakan."

Nama Lain Kota Mekah

Jelaslah bahwa nama Kota Mekah telah ada dalam Al-Qur’an sejak dahulu yang langsung diberikan oleh Allah SWT. Firman Allah yang menjelaskan penamaan kota Mekah juga terdapat dalam Al-Qur’an Surah At-Taubah ayat 40.

Bakkah

Selain nama yang sudah familiar, kota Mekah juga memiliki nama julukan Bakkah yang artinya yaitu kota dengan penuh keberkahan seperti yang disebutkan dalam Al-Qur’an surah Al-Imran ayat 96 yang artinya: “Sesungguhnya rumah yang mula-mula dibangun untuk (tempat beribadat) manusia, ialah Baitullah di Bakkah (Mekah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi semua manusia.”

Sedangkan Imam Al-Qurthubi menjelaskan bahwa yang dimaksud Bakkah adalah tempat berdirinya Baitullah, sedangkan Mekah adalah tanah suci seluruhnya.

Al-Balad

Nama Al-Balad telah Allah berikan sesuai dengan firman-Nya dalam Surah At-tiin ayat 3 yang artinya “Dan demi kota (Mekah) ini yang aman.”

Maksud dari ayat tersebut adalah Allah telah menentukan dan menjamin keamanan kota Mekah untuk menjadi tempat beribadah umat muslim dengan tenang, dan bisa menjalankan setiap perintah Allah serta menjauhi larangan-Nya. Nama Al-Balad juga sesuai dengan firman Allah dalam Surah Al-Balad ayat 1-2 yang artinya: “Aku benar-benar bersumpah dengan kota ini (Mekah), dan kamu (Muhammad) bertempat di kota Mekah ini.” Keistimewaan beribadah di tanah suci Mekah akan berbeda dengan beribadah di tempat lain karena adanya adab dan aturan yang dimilikinya.

Ummul Qura

Ummul Qura berarti induknya negeri yang menjadi tempat berkumpulnya umat muslim untuk menjalankan ibadah haji atau umroh. Penamaan Ummul Qura sesuai dengan firman Allah dalam Surah Al-An’am ayat 92 yang artinya: “(Al-Qur’an) adalah Kitab yang telah Kami turunkan yang diberkahi; membenarkan kitab-kitab yang (diturunkan) sebelumnya dan agar kamu memberi peringatan kepada (penduduk) Ummul Qura (Mekah) dan orang-orang yang diluar lingkungannya. Orang-orang yang beriman kepada adanya kehidupan akhirat tentu beriman kepadanya (Al-Qur’an) dan mereka selalu memelihara sembahyangnya.”

Nama yang diberikan untuk kota Mekah diatas semuanya telah dijelaskan dalam Al-Qur’an dan masih banyak nama yang lainnya seperti Al-Qaryah, Al-Baladul Amin, Al-Baldah, dan lainnya. Semuanya telah menjadi kelebihan dan keistimewaan yang dimiliki oleh tanah suci, Mekah Al-Mukaromah.
Powered by Blogger.