Pemondokan Haji Aziziah Janubiah dan Aziziah Syamaliah

Pemondokan haji di wilayah Aziziah Janubiah dan Aziziah Syamaliah menjadi pilihan pemondokan yang sangat diharapkan oleh setiap jamaah haji yang menginjakkan kaki di tanah suci. Meskipun jarak yang harus ditempuh dari tempat ini sampai ke Masjidil Haram adalah 3-5 kilometer dan tidak bisa dilewati dengan berjalan kaki. Beberapa alasan muncul dari para jamaah dan pemerintah yang akan menempatkan pemondokan disini, karena Aziziah termasuk kawasan elit dengan fasilitas dan harga yang ditawarkan.

Disebut dengan kawasan elit karena di tempat ini berdiri kampus besar yaitu Kampus I Ummul Qura University, terdapat villa dan pusat perbelanjaan yang memenuhi sepanjang jalan untuk bisa disinggahi oleh para jamaah. Namun, untuk menampati pemondokan di wilayah ini harus mengeluarkan biaya yang cukup besar dan tidak sedikit calo yang menawarkan pemondokan dengan berbagai tarif atau biasa disebut calo maktab. Di wilayah ini juga seorang top konglomerat Mekah bernama Syaikh Faqih tinggal di jalur Aziziah Syamaliah. Yang paling terkenal dari Syaikh ini adalah kebiasaannya membagikan ribuan nasi kotak yang diangkut dengan container dan dibagikan kepada jamaah haji pada hari Jum’at siang.

Pemondokan Haji Aziziah Janubiah dan Aziziah Syamaliah

Untuk melakukan perjalanan ke Masjidil Haram, para jamaah telah disediakan shuttle bus gratis oleh Pemerintah, namun jika akan menggunakan kendaraan umum pun akan sangat mudah didapatkan.

Seperti halnya yang telah diketahui oleh masyarakat umum, Arab Saudi merupakan daerah yang gersang dan panas. Namun di wilayah ini, anggapan itu bisa terpatahkan dengan kondisi lingkungan sekitar yang asri serta dipenuhi dengan tanaman dan pepohonan yang berjejer. Suasana pagi yang hening dan segar ditemani kicauan burung menjadi kebiasaan sehari-hari yang bisa didapatkan, karena jauh dengan polusi dan kepenatan udara. Suasana segar seperti itu masih bisa dirasakan saat hari mulai sore menjelang malam.


Fasilitas pemondokan yang diberikan hampir memenuhi standar dan kenyamanan para jamaah. Karena harga yang lumayan, fasilitas yang diberikan pun maksimal bahkan para pemilik pemondokan mempersiapkan pelayan untuk melayani kebutuhan jamaah haji selama tinggal di pemondokan mereka. Untuk mendapatkan oleh-oleh juga bukan hal yang sulit, pusat perbelanjaan yang berjejer bisa disinggahi satu persatu. Namun untuk mendapatkan barang dengan berbagai macam pilihan bisa mendatangi tempat yang jaraknya sekitar 3 kilometer dari Aziziah dan bisa ditemui komplek pusat perbelanjaan yang ramai dan barang-barang yang menarik.

Jika dalam perjalanan menuju Masjidil Haram mengalami kendala, para pembimbing haji atau travel haji khusus biasanya menggunakan jalur Aziziah Syamaliah sebagai tempat persinggahan.

Kondisi wilayah dan kondisi pemondokan yang nyaman menjadi harapan dan keinginan para jamaah untuk menunjang ibadah lebih baik dan khusyu.
Powered by Blogger.