Pemondokan Haji Wilayah Hafair

Pemondokan untuk jamaah haji Indonesia ada yang ditempatkan di wilayah Hafair. Wilayah ini termasuk dalam Ring 1 karena sangat dekat dengan Masjidil Haaram. Namun meskipun sangat dekat, wilayah Hafair saat ini sedang dilakukan proyek pembangunan besar yang sedikit mengganggu para jamaah yang akan melewati jalan di wilayah ini, karena debu yang berterbangan dan suara bising serta alat berat yang berlalu lalang. Jarak wilayah ini sampai ke Masjidil Haram yaitu sekitar 1,5 km dan jika ditempuh dengan jalan kaki bisa menghabiskan waktu sekitar 15-20 menit. Namun saat ini, jamaah akan lebih mudah dan aman jika menggunakan kendaraan menuju Masjidil Haram dengan tarif biasa yaitu sekitar 2-5 riyal.

Pemondokan Haji Wilayah Hafair

Pemondokan di Hafair memiliki fasilitas yang cukup, karena selain jarak yang dekat, pemondokan di Hafair memiliki ruangan yang nyaman. Sudah banyak jamaah haji asal Indonesia yang menempati pemondokan di wilayah ini. Disekitar pemondokan, terdapat banyak warung yang menjajakan makanan khas Indonesia, karena kebanyakan mereka adalah orang Indonesia yang mengontrak tempat secara musiman, yaitu ketika musim haji datang dan banyak jamaah Indonesia yang berkunjung untuk membeli barang untuk oleh-oleh. Makanan khas Indonesia seperti sayur asem, tempe goreng atau sate ayam bisa ditemui termasuk kelontongan yang biasa ada di Indonesia. Banyak juga pedagang asli Arab yang mengetahui cara menarik konsumen jamaah Indonesia yaitu dengan mengeluarkan kata Indonesia haji.. murah…murah dan kata lainnya. Sudah menjadi kebiasaan jamaah haji yang datang ke Tanah Suci selalu mampir untuk belanja sebagai buah tangan saat kembali ke tanah air.


Hafair memang dekat dengan Masjidil Haram sehingga jamaah akan sering pergi sholat ke Masjidil Haram. Namun di tempat ini juga banyak ditemui mushola atau mesjid-mesjid kecil untuk melaksanakan sholat lima waktu. Tetap saja, kesempatan jarak yang dekat dengan Masjidil Haram menjadi suatu keuntungan untuk sering melakasanakan sholat serta ibadah di Masjidil Haram. Untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan segar, jamaah bisa mengatur waktu untuk melaksankan sholat di Masjidil Haram dan melaksanakan sholat di mushola atau mesjid yang dekat dengan pemondokan.

Di sekitar wilayah Hafair, jalam menuju Masjidil Haram tidak pernah sepi dari jamaah atau masyarakat yang berlalu lalang, karena di tempat ini toko kecantikan, toko obat, dan rumah makan buka sampai larut malam. Tidak aneh jika ditempat ini suasana malam seperti siang hari yang penuh dengan aktifitas. Selain itu, di wilayah ini banyak penduduk yang menawarkan jasa tumpangan transportasi menuju Masjidil Haram. Untuk menggunakan transportasi ini, sopir akan meneriakkan Haram, Haram, Haram !! Yang berarti akan menuju Masjidil Haram dan bisa dikenakan tarif 1 sampai 2 riyal, namun ada juga yang memberikan tumpangan secara gratis.
Powered by Blogger.