Pemondokan Mahbas Jin, Syisyah dan Haddad

Pemondokan haji di wilayah Mahbas Jin, Syisyah dan Haddad menjadi tempat utama yang paling diincar oleh jamaah. Meskipun letaknya yang lumayan jauh dan berada di Ring 2, jamaah dan pembimbing yang telah mengetahui kondisinya memilih untuk bisa menempati pemondokan di wilayah ini. Alasan yang paling banyak dirasakan oleh jamaah adalah fasilitas dan kemudahan yang bisa didapatkan di wilayah ini.

Seperti peraturan dari pemerintah yang akan memberikan layanan transportasi gratis untuk pemondokan yang berada di wilayah Ring 2 atau jauh dari Masjidil Haram. Hal ini diterapkan untuk Mahbas Jin yang berjarak 2,5-3 kilometer dari Masjidil Haram. Berada di Mahbas Jin bisa mendapatkan shuttle bus gratis tanpa batasan waktu alias 24 jam. Selain itu, Mahbas Jin seperti kota besar yang dilengkapi dengan kebutuhan yang secara mudah bisa didapatkan dan memfasilitasi kebutuhan sehari-hari jamaah.

Pemondokan Mahbas Jin, Syisyah dan Haddad
Credit Image: kemenag.go.id

Selain itu, Mahbas Jin dekat dengan kota tenda, yaitu Madina. Dikatakan sebagai kota tenda karena meskipun bukan musim haji, tenda Mina tetap berdiri dan berjejer rapi. Para jamaah akan menginap di tenda Madina selama satu malam untuk selanjutnya melakukan wukuf di Arafah. Untuk menambah pengetahuan selama melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci, jamaah yang berada di Mahbas Jin bisa mengunjungi mesjid yang berada di sekitar, perpustakaan, serta penyuluhan Agama Syaikh Ibnu Baaz. Semuanya bisa didapatkan di tempat ini.

Tak berbeda dengan Mahbas Jin, jika menempati pemondokan di Hadad, jamaah Indonesia yang sering berbelanja bisa dimanjakan dengan pertokoan elektronik yang dekat. Di pertokoan ini banyak dijual barang elektronik khususnya handphone. Mahbas Jin, Haddad dan Syisyah, ketiganya berada di kawasan yang searah dengan elit Aziziah juga bisa menempuh perjalanan Masjidil Haram dengan dua jalur, yaitu menggunakan SAPTCO yang melewati terowongan King Abdul Aziz atau dengan menggunakan Shuttle bus yang telah disediakan oleh pemerintah Indonesia dengan melewati jalur Masjidil Haram Road.


Kebanyakan masyarakat atau jamaah memiliki pendapat sama tentang cuaca dan iklim tanah suci yaitu panas. Namun di beberapa daerah khususnya ketiga daerah ini, jamaah bisa merasakan kenyamanan dan keasrian daerah ini dengan adanya ruang hijau pertamanan yang luas. Berbeda dengan wilayah lain yang memiliki tekstur tanah yang berbukit dan menggunung. Fasilitas dan kemudahan yang diberikan tentu akan memberikan semangat tersendiri untuk bisa beribadah dengan khusyu lagi. Jarak dari Mahbas Jin ke Masjidil Haram bisa menghabiskan waktu sekitar 30 menit, namun jika jamaah sesekali ingin menggunakan taksi bisa juga dengan mengeluarkan uang sebesar 2-5 riyal.

Dibalik kelebihan yang dimiliki wilayah ini, tentu terdapat kekurangan yaitu wilayah ini biasanya termasuk dalam maktab yang bernomor urutan kecil, sehingga tidak perlu kaget jika jamaah akan mendapatkan tenda di Mina yang jauh dengan Jamarat.
Powered by Blogger.