Perbedaan Tanah Suci dengan Kota Lain

Perbedaan tanah suci dengan kota lain tentu akan menjadi suatu hal yang menonjol, karena tanah suci merupakan tempat untuk melaksanakan ibadah haji atau umroh bagi setiap muslim yaitu melaksanakan rukun islam yang kelima. Kota ini telah Allah namakan dengan tanah suci, sehingga bisa diambil perbedaan dengan negara lainnya yaitu tempat yang suci dan ada adab tertentu untuk menginjakkan kaki di tanah tersebut.

Hal ini seperti telah dijelaskan dalam hadits riwayat Bukhari yang artinya: “Sesungguhnya Ibrahim telah menjadikan kota Mekah sebagai tanah Haram (Tanah Suci) dan ia mendoakan para penduduknya. Dan sesungguhnya aku menjadikan Madinah sebagai tanah Haram seperti yang dilakukan Ibrahim terhadap Mekah”. Dengan seperti itu jelas bahwa hanya orang-orang tertentu yang bisa menginjakkan kaki di tanah suci, peraturan yang harus dilakukan dan di patuhi diantaranya adalah dilarang mengganggu hewan, merusak pepohonan, dan mengambil barang temuan yang bukan hak dan tidak diketahui pemilikinya.

Perbedaan Tanah Suci dengan Kota Lain

Disaat menginjakkan kaki di tanah suci, yang harus dilakukan adalah memperbanyak beribadah, tidak dianjurkan untuk bertumpah darah di wilayan ini. Selain itu, orang yang berziarah atau sedang melaksanakan ibadah di tanah suci terdapat kewajiban untuk dipenuhi segala kebutuhannya dengan baik. Kewajiban dan aturan yang ada bukan sekedar aturan biasa karena semuanya telah diatur sejak zaman Rasulullah SAW.

Aturan tersebut sebanding dengan keutamaan yang dimiliki oleh tanah suci ini, setiap orang yang beribadah di tempat ini maka akan dilipatgandakan pahalanya, dan sebaliknya jika melakukan kemaksiatan maka akan diberikan balasan oleh Allah yang jauh berbeda dengan balasan yang diterima di tempat-tempat lain. Tanah suci telah menjadi tempat yang memiliki aturan tersendiri dan telah diajarkan oleh Rasulullah.


Seperti yang dijelaskan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Muslim bahwa ada satu tempat yang tidak mungkin dajjal memasukinya, tempat tersebut merupakan tempat orang-orang beriman jauh dari fitnah dajjal. Ya, tempat tersebut adalah Madinah Al-Munawarah, ditambah kota Madinah merupakan kota dimana setiap muslim dianjurkan untuk meninggal di kota ini, hal ini karena sesuai dengan keutamaan yang dimiliki dan tidak terdapat di kota manapun.

Sama halnya dengan kota Madinah, selain tempat dibangunnya Baitullah atau Ka’bah, Mekah Al-Mukaromah menjadi kota yang sangat dicintai Nabi Muhammad SAW. Dengan mengenal keutamaan tanah suci seperti itu, hendaknya sebagai seorang muslim akan rindu dan mengharap bisa menginjakkan kaki di tempat yang penuh pahala itu. Perbedaan dan keutamaan yang dimiliki tanah suci juga telah disebarkan atau diberitahukan kepada setiap jamaah haji atau umroh yang datang dengan diberikannya buku mengenai aturan dan keutamaan tanah suci. Semua aturan tersebut disusun oleh para ulama sesuai dengan yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW.
Powered by Blogger.