Jamuan Minumam Kopi Arab

Menjamu tamu yang datang ke rumah adalah merupakan hal yang harus dilakukan, baik dengan jumlah yang sedikit, banyak atau seadanya. Menjamu tamu menjadi sebuah bentuk kehormatan atas silaturahmi yang dilakukan. Menjamu tamu di Indonesia yang sederhana adalah dengan menyediakan air putih atau teh saja, atau ditambah dengan hidangan makanan ringan. Di Arab Saudi, menjamu tamu yang khas adalah dengan menghidangkan secangkir kopi dan kurma. Kopi yang dihidangkan tentu berbeda dengan kopi yang ada di Indonesia, mulai dari rasa dan juga tampilannya.

Jamuan Minumam Kopi Arab

Kopi pada umumnya adalah berwarna hitam dan biasanya untuk kopi yang dibeli dari warung memiliki berbagai macam rasa da nada juga kopi putih. Kopi araba tau disebut dengan Qahwah Arabiyah adalah kopi khas arab yang rasanya pahit tanpa ada campuran gula ataupun pemanis lainnya. Yang berbeda adalah kopi arab disajikan dengan tanpa memasaknya terlebih dahulu langsung diseduh dan dibuat kopi, sehingga warnanya adalah hijau agak kecoklatan.


Kopi Arab juga tidak dihidangkan dalam satu cangkir dengan ukuran umum tapi dengan ukuran kecil, untuk meminumnya membutuhkan waktu yang cukup lama karena bisa diseling dengan obrolan, apalagi rasanya yang pahit akan sulit meminum kopi dalam satu kali teguk. Namun untuk menghilangkan rasa pahit, biasanya penduduk arab menyajikan Qahwah Arabiyah dengan kurma. Sambil mengobrol dengan tamu, sesekali akan meminum kopi dan diselang dengan memakan kurma sehingga rasa pahit akan hilang.

Untuk bisa mendapatkan Qahwah Arabiyah memang tidak semudah mendapatkan makanan khas Arab lainnya karena tidak bisa didapatkan di setiap kafetaria. Namun anda bisa mendapatkan kopi arab secara gratis di Masjid Nabawi atau Masjidil Haram pada saat berbuka puasa. Ini dikarenkan banyaknya penduduk arab yang memberikan shodaqoh untuk orang-orang yang berpuasa, minuman kopi menjadi pelengkap hidangan berbuka puasa.
Powered by Blogger.