Konsultasi Agama di Jaliyat

Konsultasi keagamaan di Tanah Suci merupakan salah sau kegiatan yang bisa dihadiri untuk menambah ilmu pengetahuan tentang keagamaan, salah satunya adalah di Jaliyat. Jaliyat merupakan sebuah lembaga yang didirikan oleh para ulama tanah suci untuk melaksanakan dakwah secara meluas dan tidak membiarkan dakwah mati bergitu saja, hal ini di latarbelakangi dengan pengawasan ketat Kerajaan Arab Saudi dalam bidang dakwah. Jaliyat merupakan lembaga resmi yang beroperasi sebagai konsultasi agama atau penyuluhan agama oleh para ulama secara rutin dengan menerapkan berbagai macam cara.

Pada awalnya Jaliyat hanya melaksanakan kegiatan konsultasi via telepon, yang dibicarakan pun hanya masalah keluarga saja. Namun seiring dengan berjalannya waktu, Jaliyat menambah kegiatan dengan mengadakan seminar, pembagian Al-Qur’an, dan pembagian buku agama secara gratis yang diterjemahkan dalam berbagai bahasa. Melebarnya kegiatan dakwah di Jaliyat ditandai dengan berbagai layanan yang diberikan secara cuma-cuma, diantaranya:

Konsultasi Agama di Jaliyat

Jamuan untuk pembimbing Haji dan Umrah

Untuk para ustadz dari Indonesia, ini menjadi salah satu kesempatan yang menarik untuk mereka. Karena jaliyat memiliki program jamuan yang diadakan dua kali dalam seminggu di Kantor jaliyat Makkah. Selain itu, para uztadz akan diberikan makan malam serta kesempatan untuk bertemu dengan para imam Masjidil Haram. Setelah kegiatan berakhir, para ustadz bisa mendapatkan kitab secara gratis. Namun semua ini diberikan tentunya dengan syarat yaitu khususnya untuk ustadz yang aktif dalam dunia dakwah dan Islam dan bisa berbahasa arab dengan fasih. Untuk bisa bergabung di Jaliyat yang perlu dilakukan adalah mengubungi staff jaliyat (Abul Harits), setelah itu pihak jaliyat akan menjemput ke hotel yang anda tempati.

Pembagian Kitab dan Al-Qur’an gratis

Selain ibadah haji atau umroh yang dilaksanakan tentunya banyak ilmu yang bisa didapat di Tanah Suci ini, termasuk ilmu yang diwariskan oleh Nabi Muhammad SAW. Setiap orang bisa mendapatkannya tanpa harus mengeluarkan uang sepeserpun. Karena Jaliyat telah bekerja sama dengan para dermawan dengan mencetak dan membagikan Al-Qur’an, buku dan kaset rekaman yang berisi tentang kajian Islam. Tenang saja, tidak perlu bingung untuk mempelajarinya, karena kaset tersbeut telah diterjemahkan dalam berbagai bahasa. Semuanya bisa ditemui di beberapa konter yang tersebar di beberapa titik tempat para jamaah haji dan umroh berkerumun.


Pelayanan konsultasi Keagamaan

Disaat para jamaah ingin mengkolsutasikan masalah keagamaan, anda bisa mendatangi konter yang bisa digunakan untuk pembagian buku gratis. Dengan didampingi mufti (ahli fatwa), imam Masjidil Haram dan dosen universitas, anda bisa mengajukan konsultasi agama yang tentunya dipandu oleh penerjemah.

Layanan Penyembelihan kambing

Layanan penyembelihan kambing merupakan kegiatan yang diadakan oleh Jaliyat untuk membantu para jamaah haji dan umrah dalam pelaksanaan hadyu atau dam. Dikarenakan banyaknya mafia penyembelihan kambing yang marak ditemukan di tanah suci. Layanan ini diberikan dengan kerjasama dari Muasasah Mekah Al-Mukarromah Al-Khairiyah. Penyembelihan disini dilakukan dengan amanah, harga terjangkau dan dam tersebut akan dibagikan kepada kaum dhuafa di Kota Mekkah dan negara lainnya.
Powered by Blogger.