Makanan Ringan Tha’miyah dan Syawarma

Makan ringan yang bisa ditemukan di tanah suci memang sangat banyak dan beragam, salah satu makanan ringan yang menjadi favorit adalah Tha’miyah. Makanan ini memang bukan makanan khas dari kota suci Mekah dan Madinah melainkan makanan khas dari Mesir. Tha’miyah terus merambah dan mendapatkan tempat di hati penduduk Arab untuk bisa mengkonsumsinya sebagai makanan untuk sarapan pagi. Hampir di setiap penjuru kota Mekah dan Madinah bisa ditemukan Tha’miyah dengan harga terjangkau. Meskipun dengan harga terjangkau, Tha’miyah memiliki rasa yang lezat dan bisa membuat setiap orang ketagihan.

Makanan Ringan Tha’miyah dan Syawarma

Harga yang ditawarkan untuk satu buah Tha’miyah adalah 2 riyal. Tha’miyah merupakan makanan yang terbuat dari bahan roti dan sayuran. Sayuran yang dimasukkan ke dalam roti setengah lingkaran dengan rasa khas sesuai masakan masing-masing resto. Sayuran yang dimasukkan kedalam roti menjadi penambah gizi dan tidak membuat perut buncit karena kandungan minyak yang rendah. Tha’miyah sendiri berbentuk pipih yang telah digoreng dan dikomposisikan dengan sayuran seperti sawi, potongan daun kubis, terong yang telah digoreng matang dan acar sayuran, juga ditambah dengan saus atau mayones.


Hampir banyak makanan khas atau makanan ringan di Arab menggunakan bahan roti, selain Tha’miyah seperti yang dijelaskan diatas ada juga Syawarma yaitu makanan yang dikombinasikan dengan roti dan daging. Yang membedakannya dengan Tha’miyah adalah daging yang dihidangkan adalah daging panggang. Syawarmah bentuknya sama dengan kebab yang disajikan di Indonesia, sedangkan kebab yang disajikan di Arab berbentuk seperti sate yang bisanya dihidangkan dengan nasi bukhari. Harga Syawarma juga sangat terjangkau yaitu hanya 2 riyal saja.

Kedua makanan Arab ini bisa ditemukan di warung yang bertulisakan ‘cafetaria’. Untuk bisa merasakan rasa lain atau campuran lain Tha’miyah bisa ditambahkan dengan kentang goreng, atau telur dadar yang harus merogok uang lagi 1 riyal saja. Keduanya sangat cocok disajikan untuk sarapan pagi, komposisinya juga bisa mengenyangkan perut beberapa lama.
Powered by Blogger.